Beberapa Lokasi Wisata di Jembrana yang Sayang Jika Tak Disinggahi

Oleh Komarudin pada 13 Agu 2019, 15:04 WIB
[Bintang] Syahrini

Liputan6.com, Jakarta - Gempa mengguncang Kabupaten Jembrana, Bali dua kali, Senin (12/8/2019). Gempa terjadi pada pukul 05.08 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,9, sedangkan gempa kedua terjadi pada pukul 05.51 dengan kekuatan magnitudo 5.

Secara geografis, Kabupaten Jembrana beribu kota Negara ini yang berbatasan Tabanan di timur dan Buleleng di utara, sedangkan Selat Bali di barat dan Samudera Hindia di selatan.

Jembrana sangat identik dengan kebudayaan yang menjadi ciri khas keindahan wisatanya. Tak hanya pantai, Jembrana juga terkenal dengan sungai, air terjun, serta berbagai puranya. Artis Syahrini sempat menikmati keindahan Jembrana pada 2016 lalu.

Berikut sejumlah destinasi wisata di Jembarana yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai Candikusuma

Pantai ini berair jernih dan bersih yang tak kalah dengan keindahan Pantai Kuta. Terletak di Melaya, Jembrana, hamparan pasir putih serta ombak yang menyapu pantai menjadi keindahan tersendiri pantai ini.

Mereka yang berkunjung ke Jembrana, sayang jika tak singgah di pantai ini. Selain keindahan pantai, pengunjung juga bisa mengetahui tentang cerita sebuah tugu yang berada di sekitar pantai. Pantai ini bisa ditempuh dua jam perjalanan dari Denpasar.

2 of 3

Makepung

potret-makepung-3-131020d.jpg
Tradisi Makepung di Jembrana Bali

Obyek wisata ini merupakan pacuan kerbau yang diselenggarakan di Negara. Sepasang kerbau dipacu dan ditunggangi seorang sais atau joki. Acara ini berlangsung Juli hingga November pada setiap tahun.

Dalam bahasa Bali, Makepung berarti berkejar-kejaran. Tradisi ini sudah berkembang sangat lama di Jembrana dan masih tetap ada hingga saat ini.

Pantai Delod Berawah

Panti ini memiliki pasir hitam yang disebut-sebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Ombaknya yang cukup besar sering dimanfaatkan untuk berselancar.

Pantai ini mudah untuk dicapai karena berada di jalan utama Gilimanuk-Denpasar. Butuh waktu sekitar dua jam untuk tiba di pantai ini.

Pantai Baluk Rening

Pantai ini dapat ditempuh hanya dua jam perjalanan dari Denpasar. Namun, jika dari Gilimanuk, pantai ini dapat dicapai hanya dengan 30 menit perjalanan.

Pantai ini dikenal karena berpasir hitam. Warga sekitar percaya bahwa pasir hitam tersebut bermanfaat untuk terapi kesehatan, terutama reumatik. Sementara airnya dipercaya bisa untuk mengobati penyakit kulit.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓