Pekerjakan Teman Tuli, Restoran Burger Ini Siapkan Petunjuk Khusus

Oleh Putu Elmira pada 12 Agu 2019, 12:04 WIB
Restoran Burger

Liputan6.com, Jakarta - Restoran burger ternama Burger King, baru-baru ini menjadi sorotan. Ini berawal dari kicauan akun Twitter @TheKangxroos yang mengunggah dua potret yang menampilkan seorang pekerja sekaligus papan petunjuk.

Dalam potret, terlihat pekerja pria restoran burger itu tengah bertugas. Sembari mengacungkan jempol dan tersenyum, ia juga memegang petunjuk dalam yang ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

"Hello, I am deaf please select the picture on the menu to order thank you. (Halo saya tuli, silahkan pilih gambar di menu untuk pemesanan terima kasih)" demikian keterangan yang tertulis dalam petunjuk.

Pada cuitan selanjutnya, akun @TheKangxroos juga memberitahu keberadaan restoran burger yang mempekerjakan teman tuli. "Disini gengs," tulisnya di caption yang menunjukkan lokasi yakni di Burger King Sunset Road, Kuta, Badung, Bali.

Sejak dibagikan pada Jumat, 9 Agustus 2019, cuitan itu mendapatkan simpati dan respons dari banyak warganet dengan di-retweet lebih dari 35 ribu kali dan mendapat lebih dari 37 ribu likes.

"Ga semua tempat mau mempekerjakan orang orang spesial :(. So proud sama burger king. Btw pengen bgt bisa bahasa isyarat biar bisa komunikasi sama orang orang spesial," tulis akun orangkegabutan.

"Waaah aku baru tau... Proud bgt sama @BurgerKing_ID terimakasih sdh mempekerjakan mereka," lanjut akun myeonlight22.

2 of 3

Petunjuk Khusus

Restoran Burger
Restoran burger ini mempekerjakan teman tuli. (dok. Screenshot Twitter @TheKangxroos/https://twitter.com/TheKangxroos/status/1159776681273356290/Putu Elmira)

Unggahan lain menampilkan Burger King juga mempersiapkan sebuah papan petunjuk khusus. Petunjuk itu berisi bahasa isyarat sederhana yang diperagakan dengan tangan.

"Our special crew is now serving your favorite meals come in, we'll show you how to order (Kru khusus kami sekarang menyajikan makanan favorit Anda, kami akan menunjukkan cara memesan)," bunyi keterangan di papan petunjuk.

Pada bagian atas papan, ada pula ilustrasi pekerja dengan bahasa isyarat yang membentuk telapak tangan menghadap ke luar dengan ibu jari yang ditekuk yang berarti kata sapaan "halo".

Di bawahnya terdapat bahasa isyarat sederhana mulai dari "halo", "ya", "tolong", "terima kasih", "selamat tinggal", "tidak", "maaf", dan "sama-sama".

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓