Ini Cara Traveloka Jamin Keamanan Data Pengguna Paylater

Oleh Gilar Ramdhani pada 12 Agu 2019, 09:00 WIB
Ini Cara Traveloka Jamin Keamanan Data Pengguna Paylater

Liputan6.com, Jakarta Di era digital saat ini, sistem transaksi keuangan yang berbasis teknologi atau fintech tidak bisa bebas 100 persen dari risiko kejahatan dan penyalahgunaan akun. Perbankan yang lebih berpengalaman bergelut di dunia fintech saja masih menjadi korban kejahatan dan pembajakan, apalagi aplikasi-aplikasi fintech yang baru hadir.

Di negara manapun, selalu saja ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kelengahan sistem keamanan penyediaan fintech maupun kelalaian dari para pemilik akun. Jadi, sangat penting bagi para konsumen untuk memilih lembaga atau perusahaan fintech yang betul-betul memperhatikan sistem keamanan baik yang berkaitan dengan keamanan simpanan uang maupun data-data akun pengguna.

Untuk menjaga keamanan transaksi dan akun pengguna PayLater, Traveloka mengembangkan sistem perlindungan berangkap dan manajemen keamanan yang dapat mencegah aktivitas yang mencurigakan.

Traveloka PayLater adalah fasilitas keuangan yang memungkinkan pengguna menggunakan metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit atau pinjaman online. Melalui PayLater, Anda dapat mewujudkan liburan dadakan dengan nyaman dan bebas ribet. Setiap pengguna aplikasi dapat beli tiket tanpa bayar dulu. 

Tak perlu khawatir dengan keamanan dan data pinjaman Anda karena ada sistem Anti-fraud traveloka paylater yang tangguh.

One Time Password

Setiap pembelian tiket maupun produk dengan PayLater kini membutuhkan konfirmasi kode rahasia yang akan dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon yang telah Anda masukkan saat melakukan pendaftaran awal PayLater.

Demi keamanan, Anda tidak diperkenankan menyebarkan kode tersebut kepada siapapun. Sebab pembelian dengan PayLater akan berhasil setelah kode rahasia telah dimasukkan.

Account Deactivation

Bila ada aktivitas tidak sah di akun Traveloka, Anda sebagai pemiliki PayLater bisa menonaktifkan akun Anda sementara waktu. Pihak Traveloka tetap menyimpan informasi dan data Anda untuk sewaktu-waktu dipulihkan kembali.

Selain dua fitur keamanan untuk PayLater, sistem Anti-fraud Traveloka juga memberikan keamanan berlapis untuk menjaga akun Anda tidak "Dibajak" atau disalahgunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Notifikasi Login: Ketika Anda masuk ke akun, Traveloka akan memberitahu Anda kapan dan perangkat yang digunakan untuk memerisa jika pengguna yang masuk adalah Anda.

Autentikasi Dua Faktor: Traveloka akan meminta Anda untuk memasukkan password Traveloka dan kode verifikasi setiap Anda masuk ke aplikasi.

Autentikasi Biometrik: Teknologi Traveloka memungkinkan Anda untuk menggunakan sidik jari atau wajah untuk autentikasi akun. Lebih aman dan personal!

Pengguna kartu kredit di Traveloka pun tak perlu khawatir, karena Traveloka telah berpartner dengan CyberSource, anak perusahaan Visa untuk menjamin kerahasiaan dan keamanan transaksi Anda.

Melalui fraud management system, Traveloka memonitor dan me-review setiap transaksi yang terjadi. Sehingga Traveloka dapat mengidentifikasi dan mencegah transaksi fraud yang dilakukan baik pembayaran dengan metode ATM, mobile banking, kartu kredit, dan PayLater.

Itulah cara Traveloka menjamin keamanan transaksi dan data pengguna PayLater dan semua transaksi di aplikasi Traveloka. Ingatlah untuk jaga kerahasiaan password dan akun Anda. Jangan lengah, karena sistem keamanan yang baik tak akan lengkap tanpa kewaspadaan dari konsumen.