Sederet Tips Merebus Buntut Sapi supaya Empuk, Apa Saja?

Oleh Putu Elmira pada 10 Agu 2019, 19:00 WIB
Sop Buntut

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam hidangan nikmat yang dapat diolah dari bahan buntut sapi, satu di antaranya yang paling terkenal adalah sop buntut. Namun untuk mengolahnya, terkadang mengalami kesulitan mendapat buntut rebus yang empuk.

Jangan khawatir, ada beberapa tips merebus buntut sapi supaya empuk. Caranya sangat mudah dan bisa Anda terapkan ketika akan memasak santapan berbahan dasar buntut sapi.

Apa saja? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Hilangkan Bagian Lemak

Sebelum diolah, bersihkan buntut sapi terlebih dahulu dengan menghilangkan bagian lemaknya. Caranya dengan menggosok-gosoknya di bawah air mengalir dan bersihkan lemak yang tertinggal dengan pisau.

Buntut sapi yang telah bersih dan bebas lemak nantinya dapat digunakan untuk memasak sop buntut dengan kuah yang lebih bening dan menggugah selera tentunya.

2 of 3

2. Cuci dengan Air Panas

Ilustrasi Merebus
Ilustrasi merebus (dok. Pixabay.com/Three-shots/Putu Elmira)

Buntut sapi yang telah dibersihkan dan dihilangkan lemaknya dapat dicuci dengan air panas sebagai proses terakhir pembilasan. Buntut sapi yang benar-benar bersih setelah dicuci dengan air panas dapat langsung direbus.

3. Dua Kali Perebusan

Sangat disarankan untuk merebus buntut sapi sebanyak dua kali. Proses pertama bertujuan untuk menghilangkan bau. Dalam proses ini, didihkan air yang telah diisi daun salam, jahe, dan daun jeruk.

Usai direbus selama 15 menit, air rebusan dapat dibuang dan lanjut dengan perebusan kedua yang memakai air yang baru dididihkan. Lalu masukkan buntut sapi dan Anda juga dapat memasukkan aneka bumbu sesuai resep yang diinginkan.

4. Direbus dengan Api Kecil Selama 8 Jam

Apabila tidak memiliki panci presto, Anda dapat memakai panci biasa untuk merebus buntut sapi. Gunakanlah api kecil untuk merebus agar daging tidak menciut dan bisa lebih empuk.

Biasanya, waktu yang dibutuhkan sekitar delapan jam untuk merebus buntut sapi sampai empuk. Proses perebusan ini juga dapat mengganti air sesuai dengan kebutuhan bisa dua atau tiga kali. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap