Jangan Boros, Ini 5 Investasi Penyelamat di Masa Depan

Oleh Liputan6.com pada 08 Agu 2019, 15:50 WIB
Diperbarui 18 Sep 2019, 16:37 WIB
Investasi

Liputan6.com, Jakarta Di masa kini anak muda tak hanya dituntut untuk melek teknologi tapi juga sudah harus melek dengan namanya investasi. Tapi namanya anak muda pasti sering galau, dan tak jarang juga galau untuk memilih memulai investasi darimana.

Banyak yang masih berpikiran sama saat mendengar istilah investasi, bahwa kegiatan investasi ini lebih cocok dilakukan oleh orang yang sudah kaya dan banyak uang. Padahal justru saat muda lah masa emas untuk memulai investasi untuk menjamin masa depanm saat sudah tua.

Jangan terlalu memusingkan modal yang harus dikeluarkan  karena sekarang marketplace seperti Tokopedia juga sudah menyediakan sarana berinvestasi dengan modal amat ringan. Tentunya ini sangat cocok bagi Anda para karyawan muda.

Ada beberapa pilihan investasi yang harus kita kenali terlebih dahulu dan sebaiknya juga pelajari lebih dalam tentang jenis-jenis investasi ini, karena meskipun sekarang sudah bisa dimulai dengan modal kecil, tapi kita juga harus mengenali resiko-resikonya karena itu salah satu manfaat pentingnya memperkaya kamus bahasa keuangan.

Investasi Emas

20161115-Harga-emas-turun-Rp-2000gram-AY4
Ilustrasi investasi emas.

Jenis investasi ini merupakan jenis investasi yang relatif aman dengan margin kerugian yang terbilang kecil karena emas adalah instrumen investasi yang harganya relatif stabil dari waktu ke waktu. Sisihkan sebagian penghasilan Anda untuk membeli emas batangan lalu gadai emasnya jika harga emas sedang naik atau tetap simpan emas untuk dijual kemudian hari.

Simpan Uang di Deposito

3 Alasan Sederhana Mengapa Deposito Dapat Membuat Kamu Jadi Kaya dengan Mudah
Ilustrasi pertumbuhan keuntungan bunga deposito.

Investasi jenis ini bisa jadi jenis investasi yang paling mudah, resikonya rendah dan aman sebagai tabungan jangka menengah dan investasi jenis ini seperti menabung biasa hanya saja bedanya kita akan menyimpan uang di bank dalam periode tertentu dan uangnya baru dapat diambil dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan awal, bisa dalam hitungan bulan atau tahunan. Apabila periode deposito sudah berakhir, maka uang kita bisa diambil.

Investasi Saham

Perdagangan Saham dan Bursa
Ilustrasi Foto Perdagangan Saham dan Bursa (iStockphoto)

Jenis investasi yang satu ini dikenal sebagai investasi yang memiliki resiko cukup tinggi namun kentungan yang ditawarkan juga tinggi. Dengan membeli saham dari suatu perusahaan, secara tidak langsung kita bisa dikatakan sebagai pemilik dari perusahaan tersebut.

Basicnya seperti investasi jenis lainnya seperti yang dijelaskan di atas di mana kita bisa menjual saham ketika harga saham sedang naik, namun harga saham ini sangat fluktuatif dan bisa berubah setiap hari bahkan setiap jam. Namun besarnya keuntungan ini sebanding dengan resikonya, di mana kita sebagai pemilik saham tidak bisa dilepaskan dari ancaman likuidasi perusahaan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Bisnis Properti

 

Pengamat Properti Menilai Meikarta Atasi masalah Backlog
Ilustrasi investasi bisnis properti.

Berinvestasi dengan melakukan bisnis properti ini mungkin lebih cocok bagi yang ingin berinvestasi jangka panjang. Anda tentunya perlu modal besar untuk ini, namun mulai sekarang kita bisa menabung agar kelak bisa membeli properti seperti rumah, gedung kantor atau bahkan di tempat yang strategis dengan keuntungan yang cukup besar dibanding jenis investasi sebelumnya.

Investasi Reksadana

 

Reksadana
Ilustrasi keuntungan investasi Reksadana.

Reksadana adalah investasi yang dikelola seseorang atau sekelompok orang. Di sini, dana kita merupakan dana gabungan dari investor lain. Perbedaannya dengan investasi saham adalah, reksadana ini dikelola oleh seorang manajer investasi. sehingga reksadana ini cocok buat pemula yang ingin memulai investasi namun minim modal.   

Bagaimana? Ternyata Ada banyak pilihan investasi yang tentunya menggiurkan bukan? Tapi ingat, jangan lupa untuk selalu mengonsultasikan sebelum berinvestasi agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan seperti merugi atau tertipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kalau masih belum paham berbagai istilah keuangan Anda bisa mulai belajar kembali lewat Kamus Tokopedia tinggal klik dan cari istilah keuangan yang Anda kurang mengerti, mudah bukan.

 

(Adv)