Sukses

Mengenal Centella Asiatica, Bahan Produk Perawatan Wajah yang Tengah Tren

Awalnya, centella asiatica ternyata dimanfaatkan untuk makanan, bukan produk perawatan wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Centella asiatica adalah kandungan yang sudah tak lagi asing bagi para pecinta produk perawatan wajah asal Korea Selatan. Popularitas yang direngkuh membuat skincare ingredient ini tak lagi eksklusif diandalkan merek dari Negeri Ginseng.

Kemunculan konstannya sejak beberapa waktu belakangan boleh jadi mengulik rasa penasaran, apa sebenarnya centella asiatica dan, secara tunggal, apa yang bisa dilakukan bahan satu ini sampai digilai para beauty enthusiast?

Melansir dari laman Paula's Choice, Kamis (8/8/2019), centella asiatica merupakan tanaman abadi yang tumbuh di Asia. Bahan ini telah dimanfaatkan sebagai obat maupun bahan makanan sejak abad ke-17.

Mengutip dari situs Kateryan Skincare, bahan satu ini sangat familiar bagi warga Asia. Orang Tionghoa acap kali memanfaatkan daun tanaman ini untuk menurunkan demam, serta mengobati dan mencegah flu.

Sementara di Vietnam dan Thailand, daun tanaman abadi ini biasanya dikonsumsi dalam minuman atau dimakan mentah sebagai salad. Centella asiatica bahkan sering kali terlihat di sejumlah gerobak pedagang kaki lima di India. Lalu, apa manfaat tanaman ini sebagai produk perawatan kulit?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Centella Asiatica

Centella Asiatica, berdasarkan penelitian, tercatat kaya akan amino acids, beta carotene, fatty acids, dan phytochemicals. Kombinasi kandungan ini menawarkan manfaat luar biasa untuk kulit, termasuk membuat wajah terlihat senantiasa awet muda.

Bahan-bahan ini meningkatkan sirkulasi sebaik kolagen sintesis. Centella asiatica secara khusus juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit.

Centella asiatica pun membantu mengurangi dampak paparan sinar matahari secara langsung sebagai lapisan pelindung kulit. Tapi, bahan ini nyatanya tak jadi satu-satunya cara untuk mendapat kulit awet muda nan cerah.

Kandungan dan manfaat yang diberikan kurang lebih sama dengan teh hijau, tumbuhan kaya anti-oksidan yang sanggup menghaluskan permukaan kulit, menyamarkan kerutan, dan membuatnya awet muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.