6 Manfaat Buncis, dari Menurunkan Berat Badan hingga Sehatkan Mata

Oleh Putu Elmira pada 12 Agu 2019, 05:04 WIB
Buncis

Liputan6.com, Jakarta - Buncis menjadi salah satu sayuran yang cukup digemari banyak orang. Selain karena mudah didapat, tumbuhan hijau ini sering diolah menjadi berbagai masakan yang lezat, seperti lauk sop, tumis buncis, hingga kripik buncis.

Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi buncis dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Dilansir dari thehealthsite, Liputan6.com merangkum enam manfaat buncis mulai dari menurunkan berat badan hingga meningkatkan kesehatan tulang, Kamis, 8 Agustus 2019.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buncis menjadi salah satu sayuran yang mengandung kalori rendah. Hal ini yang membuat buncis bekerja secara efektif untuk menurunkan berat badan. Sayuran hijau ini juga mengandung sedikit natrium, kolesterol dan lemak jenuh, sehingga menjadi bantuan alami untuk menurunkan berat badan.

Kandungan serat yang tinggi di dalam buncis juga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar. Serat tinggi tersebut juga dapat memperlancar proses pencernaan Anda sehingga tubuh tetap sehat dan ideal.

Anda dapat mengonsumsi buncis menjadi berbagai masakan mulai dari tumis ataupun sop. Namun, disarankan untuk mengonsumsinya dengan cara direbus agar lebih sehat karena tidak ada campuran lain.

2 of 7

2. Menyehatkan Mata

ilustrasi mata
Ternyata, mengaplikasikan krim mata memiliki aturannya sendiri. Simak di sini waktu terbaik untuk mengaplikasikan krim mata. (Foto: unsplash)

Buncis mengandung karotenoid yang berfungsi meningkatkan penglihatan mata. Kacang hijau ini dapat mencegah degenerasi makula terkait usia, biasanya mempengaruhi orang-orang yang berusia lanjut.

Buncis juga mengandung senyawa lutien dan zeaxanthin yang berguna untuk menjaga kesehatan mata serta terhindar dari penyakit rabun atau katarak. Anda dapat mengonsumsi berbagai olahan buncis agar memiliki mata yang jernih dan sehat.

3 of 7

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung (iStock)
Ilustrasi penyakit jantung (iStockphoto)

Selanjutnya, buncis juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kacang buncis memiliki kandungan kalsium dan flavonoid yang cukup tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Zat flavonoid dan antiinflamasi pada buncis dapat mencegah pembekuan darah pada arteri. Sehingga sangat baik dikonsumsi untuk meminimalkan terkena penyakit yang berkaitan dengan pembekuan darah pada arteri seperti gagal jantung, diabetes, dan stroke.

Buncis juga kaya akan kandungan vitamin K dan luetin yang dibutuhkan untuk tubuh. Asupan vitamin K yang cukup dapat membuat pembuluh darah dan jaringan tubuh lainnya terhindar dari tekanan darah tinggi atau serangan jantung.

4 of 7

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Olahraga Teratur
Ilustrasi Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Cara Olahraga Teratur (iStockphoto)

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buncis, dapat bertindak sebagai antioksidan sehingga mampu menjaga tubuh tetap bersih dari radikal bebas. Sayuran hijau ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan berbagai mineral penting yang ada di dalamnya.

Buncis juga mengandung zat besi, kalsium, dan B-kompleks yang dapat meningkatkan laju metabolisme. Anda dapat mengonsumsi buncis untuk tambahan menu masakan Anda agar tubuh tetap sehat dan bugar terhindar dari berbagai penyakit.

5 of 7

5. Mencegah Kanker

Penyebab Kanker Prostat
Penyebab Kanker Prostat / Sumber: iStockphoto

Menjadi sumber serat makanan yang sangat baik, buncis juga dapat bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan penyakit kanker. Kandungan peptida di dalam buncis dapat berperan aktif untuk memperlambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Buncis juga dapat menghentikan penyebaran sel kanker lewat antioksidan yang bekerja melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, buncis memiliki nutrisi yang merangsang kinerja anti-karsinogenik untuk mencegah kanker.

Di dalam buncis terdapat banyak nutrisi seperti lutein, vitamin C, dan vitamin K. Oleh sebab itu, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi buncis agar terhindar dari kanker payudara, leukimia, serviks, kanker paru-paru, hingga prostat.

6 of 7

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tulang Kuat
Tulang Kuat (sumber: iStockphoto)

Buncis sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang Anda. Kandungan kalsium di dalam kacang hijau ini mampu mencegah kerusakan tulang osteoporosis. Buncis juga mengandung vitamin K untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Selain itu, buncis juga menjadi sumber silikon yang baik untuk meregenerasi tulang secara keseluruhan. (Devita Nur Azizah)

7 of 7

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓