Sukses

3 Makanan Favorit Jokowi Saat Pulang ke Kota Solo

Ternyata, tiga makanan ini menjadi favorit Presiden Joko Widodo atau Jokowi ketika pulang ke kampung halaman.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang biasanya paling dirindukan dari kampung halaman? Kuliner tentu menjadi salah satu jawabannya. Begitu pula dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang memiliki makanan favorit saat pulang ke Kota Solo.

Ada tiga makanan kesukaan Jokowi yang dirangkum dalam sebuah video bertajuk JKWKuliner Makan-Makan di Solo. Video ini diunggah melalui akun YouTube Presiden Joko Widodo pada Rabu, 7 Agustus 2019.

Salah seorang kerabat Presiden bernama Haryanto menyampaikan kegiatan Jokowi dan Ibu Negara Iriana saat pulang ke Solo adalah menikmati kuliner Solo asli seperti Soto Triwindu, Ayam Goreng Mbah Karto, dan Soto Gading.

"Keistimewaannya kalau di sini mah, fresh. Memasak langsung digoreng nggak dikasih (dimasukkan ke) kulkas. Masak pakai santan kurang lebih satu setengah jam baru dapat digoreng," kata Sri Sukarni, pemilik Ayam Goreng Mbah Karto dalam video.

Ada beberapa bagian yang tersedia mulai dari kepala, rempela ati, dada, dan paha. Setelah ayam sudah empuk dan bumbu sudah meresap baru diangkat. "Lalu santanya tadi dikeringkan nanti kalau sudah kental, baru dikasih bumbu untuk sambalnya itu," lanjutnya.

Saat mendapat kabar Jokowi akan mampir ke warungnya, Sri yang masih tak percaya pun seketika bersih-bersih. "Senang bercampur-campur nggak bisa menggambarkannya saya. Langsung besok itu tamunya banyak sekali pada ke sini," ucap Sri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soto Gading dan Soto Triwindu

Jokowi juga selalu menyempatkan diri untuk mampir ke warung Soto Ayam Gading yang menjadi favoritnya. Sang pemilik, Toni menyebut resep soto miliknya hampir sama dengan soto pada umumnya.

"Apa itu, bawang merah, bawang putih, garam, sama saja kan. Tapi lauk pauknya yang paling banyak. Makanan menunya satu, lauknya banyak. Orang tinggal milih," ucap Toni.

Warung ini berada di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75 Solo ini menyediakan soto tanpa nasi seharga Rp12 ribu dan nasi putih Rp6 ribu. "Penggemar warung itu salah satunya Bapak Presiden seringkali datang didatangi itu penilaian tertinggi," tambahnya.

Tak ketinggalan, Soto Triwindu yang jadi favorit Jokowi ketika pulang ke kampung halaman. Pemilik soto, Murwani menyebut asal nama soto ini karena lokasinya yang berada di area Pasar Triwindu.

"Soto itu kan memang banyak, soto itu macamnya di mana-mana ada. Tapi soto kami itu kan benar-benar sotonya dari daging yang pilihan. Terus kita semuanya itu buatan sendiri tidak ada yang titipan dari orang lain," ungkapnya.

Murwani menyampaikan yang paling istimewa dari Soto Triwindu adalah kuahnya. Sedangkan satu porsi soto terdiri atas nasi, taoge, seledri, daging, kemudian ditaburi bawang goreng.

"Kalau lauknya dari daging, empal, paru, otak, lidah, tempe, tahu, lento. Bapak itu kesukaannya lauknya tempe daun garing. Biasanya lidah goreng ya sama paru goreng," jelas Murwani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.