Sukses

Indonesia Roasting Championship Jadi Wadah Barista dan Ahli Kopi Indonesia

Indonesia Roasting Championship termasuk kompetisi paling bergengsi di industri kopi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Roaster kopi senior Sermy Samma dari produsen kopi asal Bali, Expat. Roasters baru saja meraih penghargaan. Ia menjadi pemenang pertama di perhelatan Indonesia Roasting Championship (IRC) 2019 yang diadakan pada 24 - 27 Juli 2019.

Kompetisi tersebut digelar bersamaan dengan pameran Food and Hotel Indonesia (FHI) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Asosiasi Kopi Spesial Indonesia / Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI).

Ajang ini menjadi wadah untuk para barista, roaster kopi, dan ahli kopi di Indonesia untuk bersinar di kompetisi paling bergengsi di industri kopi tanah air.  Acara tersebut juga dihadiri oleh ikon-ikon kopi ternama kelas Internasional.

Shae Macnamara, selaku pendiri Expat. Roasters ikut menyambut baik kompetisi ini. Ia mengatakan, dengan memenangkan gelar ini secara langsung berjalan lurus dengan komitmen mereka kepada pelatihan dan edukasi industri kopi, baik diantara partner wholesale maupun staf internal mereka.

"Mendapatkan posisi pertama di kategori roasting adalah penghargaan yang hebat terhadap dedikasi kami untuk melatih, mendukung, dan membimbing para staf yang bekerja di Expat. Roasters," terangnya.

"Saya pernah mengalami sendiri segala antusiasme dan tekanan yang ada pada ajang kompetisi seperti ini, namun saya sangat percaya bahwa itu semua adalah proses berharga untuk mendorong seseorang dalam memegang peran yang lebih penting diluar dari rutinitas sehari-harinya," sambung Shae.

Bagi Shae, ini adalah kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan untuk tetap terhubung dengan apa yang terjadi secara global di market specialty coffee.

Kompetisi ini menghadirkan lebih dari 30 roaster kopi. Mereka harus melalui tiga tahap penjurian; penilaian biji kopi hijau (mengidentifikasi adanya kesalahan atau cacat pada biji), roasting untuk keperluan sampel, roasting untuk skala produksi besar, dan memadukan berbagai biji kopi single origins.

"Bagian dari alasan saya untuk memulai Expat. Roasters di Indonesia adalah karena melihat kesempatan untuk tidak hanya memamerkan kopi spesial yang ditanam di sini, tetapi juga untuk membimbing para barista dan roaster muda untuk menjadi yang terbaik di dunia," terang Shae.

Perluasan Expat. Roasters pada tahun 2019 sedang menuju jalur yang optimis, tidak hanya dengan prestasi nasional ini tetapi juga dengan penambahan outlet-outlet baru di Bali.

Ada Expat. Roasters Brew Bar dan Pusat Pelatihan di Petitenget, konsep restoran besar di Ubud bernama Full Circle by Expat. Roasters, dan Expat. Roasters Brew Bar yang baru saja dibuka di Beachwalk Shopping Center di Kuta.

Expat. Roasters berusaha untuk menumbuhkan komunitas kopi dan barista yang sedang berkembang di Bali. Selain memperkenalkan budaya membuat kopi yang berkualitas di seluruh pulau, misi mereka adalah memberikan akses ke pendidikan dan pelatihan bagi para profesional di industri kopi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini