Sukses

6 Resep Kombinasi Air Putih dan Buah yang Sehat dan Tak Membosankan

Kombinasi air dan buah belakangan populer dengan sebutan infused water. Apa rasa favoritmu?

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 60 persen persen tubuh manusia terdiri atas air. Zat cair ini memiliki peran yang penting untuk kelangsungan hidup setiap orang dan jika kekurangan, aktivitas sehari-hari akan terganggu.

Beberapa orang ada yang kurang menyukai air putih karena rasanya hambar. Mereka lalu beralih ke minuman kemasan dengan berbagai rasa yang ternyata akan berdampak buruk jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Untuk itu, ada solusi bagi Anda yang kurang menyukai air putih, salah satunya dengan membuat kombinasi air dan buah. Tak hanya segar, minuman ini juga menyehatkan untuk tubuh. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber untuk Anda, Rabu, 7 Agustus 2019.

1. Daun Mint, Mentimun, Air, dan Lemon

Resep yang pertama adalah meracik mint, mentimun, dan lemon menjadi satu. Perpaduan ini akan membuat rasa minuman yang menyehatkan dan menyegarkan. Kombinasi ini cocok diminum pada siang hari dengan cuaca panas.

Daun mint dapat meningkatkan energi dan suasana hati seseorang menjadi lebih baik. Sementara, mentimun dikenal bisa meningkatkan hidrasi sehingga asupan air harian Anda dapat terpenuhi.

Kandungan lemon yang kaya akan antioksidan dan vitamin C juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Anda dapat mencampurkan sedikit daun mint dan setengah irisan tipis mentimun. Lalu tambahkan juga irisan setengah lemon ke dalam air di botol atau gelas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Rosemary, Starwberry, Air, dan Jahe

Resep kombinasi yang pertama adalah air, jahe, strawberry, dan rosemary. Kandungan berbagai nutrisi dari buah dan rempah ini akan menjadi minuman yang menyehatkan bagi tubuh Anda.

Rosemary dan starwberry akan menambah sentuhan rasa manis di dalam air putih tanpa adanya gula. Sedangkan jahe dapat bermanfaat untuk membuat pencernaan agar tidak mual karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Stawberry juga kaya akan vitamin C sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menghasilkan lebih banyak kolagen. Caranya, Anda dapat mencampurkan tiga cabang rosemary dan 1 cangkir strawberry ke dalam air. Setelah itu cincang jahe menjadi potongan kecil dan masukkan ke dalam air.

3 dari 6 halaman

3. Jeruk Bali Merah, Air, dan Daun Mint

Jeruk bali merah, air dan lemon ternyata juga mampu dijadikan kombinasi minuman yang menyegarkan. Perpaduan dari dua buah dan air ini, memiliki khasiat yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda.

Daun mint bisa melancarkan pencernaan di dalam tubuh dan membantu Anda menjadi lebih rileks. Sementara, jeruk bali merah dapat meningkatkan nafsu makan, menurunkan kolesterol, hingga mencegah batu ginjal.

Di sisi lain, lemon dapat menningkatkan kekebalan tubuh Anda. Caranya membuatnya, Anda dapat menambahkan irisan jeruk Bali merah dan lemon ke dalam segelas air. Lalu, tambahkan sedikit daun mint untuk memberikan sensasi kesegaran di dalamnya.

4 dari 6 halaman

4. Air, Jeruk dan Mentimun

Ketiga kombinasi sederhana ini juga dapat meningkatkan kesehatan bagi tubuh. Bagi Anda yang kurang menyukai air putih dapat menambahkan jeruk dan juga mentimun ke dalam air agar lebih terasa segar.

Perpaduan jeruk dan kombinasi mentimun ini dapat meningkatkan pencernaan dan kualitas kulit menjadi lebih sehat. Kandungan vitamin C di dalam jeruk dapat mengecilkan pori-pori dan membuat kulit menjadi lebih cerah.

Sementara, mentimun dapat meningkatkan asupan air di dalam tubuh. Anda dapat mencampurkan beberapa irisan jeruk dan juga mentimun lalu campurkan ke dalam air sehingga akan terasa segar dan manis lewat rasa jeruk.

5 dari 6 halaman

5. Apel, Lemon, Mint dan Air

Selanjutnya ada perpaduan dari dua buah yang biasa digunakan, yakni apel dan lemon. Tambahan mint juga akan membuat racikan minuman ini menjadi lebih segar dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Apel memiliki manfaat yang baik untuk tubuh untuk melancarkan pencernaan dan juga meningkatkan kesehatan kulit. Sementara, lemon memiliki nutrisi untuk menjaga tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Caranya, Anda dapat mencampurkan potongan dadu dari satu buah apel dan beberapa potongan lemon ke dalam air. Tak lupa untuk tambahkan beberapa daun mint ke dalam air tersebut. Perpaduan ini tak hanya menyegarkan, tetapi juga cantik dilihat.

6 dari 6 halaman

6. Nanas, Jahe, dan Air

Rekomendasi terakhir untuk membuat minuman yang sehat dan menyegarkan adalah perpaduan buah nanas, jahe dan juga air. Ketiga kombinasi tersebut dapat membuat aroma dan rasa yang berbeda untuk tubuh Anda.

Jahe dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih hangat dan rileks. Sementara nanas ternyata dapat meningkatkan kekebalan tubuh lewat kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya.

Anda dapat meracik ketiga bahan tersebut. Caranya dengan memotong nanas menjadi potongan-potongan kecil lalu campurkan ke dalam air. Kemudian, masukkan juga beberapa irisan jahe ke dalamnya untuk membuat kesan rileks di tubuh Anda.(Devita Nur Azizah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.