Hadiri Peluncuran GenPi Morotai, Ini Harapan Menpar Arief Yahya

Oleh Gilar Ramdhani pada 07 Agu 2019, 18:00 WIB
Hadiri Peluncuran GenPi Morotai, Ini Harapan Menpar Arief Yahya

Liputan6.com, Jakarta Laju pariwisata Morotai bakal makin kuat. Orkestrasinya makin mumpuni. Pasalnya kini Morotai telah memiliki GenPI. Peluncurannya pun disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Selasa (6/8) malam. Lokasinya di D' Aloha Resort, Morotai, Maluku Utara.

Menteri Pariwsata Arief Yahya berharap Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Morotai dapat selalu inovatif dan kreatif.

"GenPI harus selalu inovatif dan fresh dalam menyelenggarakan kegiatan aktivasi komunitas. Karena karakteristik anak-anak milenial memang suka yang inovatif. Agar komunitas GenPI ini tetap relevan, sustainable, dan mampu menarik sebanyak mungkin followers dan friends maka setiap acaranya harus selalu mengandung unsur kebaruan," kata mantan Dirut PT Telkom itu.

Arief berharap GenPI Morotai dapat mengangkat pariwisata dengan cara kreatif sehingga bisa menarik wisatawan. Untuk itu mereka dituntut untuk menampilkan sisi kekinian.

"Pertama kreatif dalam mengangkat tema-tema pariwisata di media sosial, dari soal desain, angle, pemilihan kata, interaktif di medsos, sampai mengemas event. Kuncinya, harus selalu fresh dan kekinian," paparnya.

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) adalah komunitas digital anak-anak zaman now (milenial). Bergerak secara sukarela yang tergabung dalam kelompok netizen (warganet).

Sementara Staf Khusus Menpar Bidang Komunikasi dan Media, Don Kardono menjelaskan GenPI adalah komunitas netizen yang memiliki perhatian khusus di bidang pariwisata. Oleh karena itu GenPI memiliki sejumlah kewajiban.

"Seperti mem-back up dan memviralkan Calendar of Events (CoE) daerah dan nasional, destinasi dan industri pariwisata, serta kebijakan kepariwisataan yang mendorong percepatan," ungkapnya.

Deklarasi dilakukan dalam rangkaian Festival Morotai 2019, yang masuk dalam 100 Calendar of Event 2019 Kementerian Pariwisata.

Menurut Bupati Morotai Benny Laos, komunitas ini termasuk 1 dari 5 unsur pentahelix pariwisata Indonesia ala Menpar Arief Yahya.

"Pemerintah kabupaten Morotai sangat memberi apresiasi yang tinggi atas dikukuhkannya pengurusan GenPI Morotai. Semoga komunitas ini mampu mendongkrak pariwisata Morotai," tuturnya.

GenPI Morotai dipimpin Zulkifli Abubakar sebagai Koordinator, Muhammad Rizky sebagai Sekretaris, Muchlis sebagai Bendahara, Fandi Noval sebagai Ketua Harian. Serta, lebih dari 15 relawan yang terdiri dari berbagai latar belakang dan profesi yang pada umumnya adalah generasi muda.

 

(*)