Sukses

TRUST Orchestra Raih Medali Emas di Ajang Festival Orkestra Dunia di Austria

Para musisi muda tanah air berhasil torehkan prestasi di bidang musik khususnya orchestra dalam ajang dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) berhasil meraih Medali Emas di ajang The World Orchestra Festival 2019 di Wina, Austria. Festival tersebut dilaksanakan selama empat hari pada 1-4 Agustus 2019.

Sebagai satu-satunya wakil dari Asia Tenggara, TRUST Orchestra menampilkan pertunjukkan yang memukau dan menjadi komunitas remaja Indonesia pertama yang berhasil memperoleh penghargaan di ajang bergengsi dan terbesar di dunia tersebut.

TRUST Orchestra tampil unik dan berbeda dari peserta lainnya. Alunan berbagai lagu daerah khas Indonesia yang dimainkan secara kompak dengan perpaduan tari Ratoeh Jaroe dan tari Kecak, mampu menyulap mata dan hati para dewan juri.

"Respon dari juri sangat baik sekali dan mereka terpukau dan mengapresiasi lagu-lagu Indonesia yang kami bawakan. Tarian kecak yang dewan juri saksikan juga membuat mereka merasa seperti di Bali," ujar Nathania Karina, Ketua dan Konduktor TRUST, kepada Liputan6.com lewat pesan elektronik, Selasa (06/08/2019).

Persiapan latihan yang kurang dari delapan bulan ini akhirnya mampu menghasilkan prestasi yang membanggakan untuk Indonesia. Penghargaan ini dipersembahkan langsung untuk para musisi muda agar terus berkarya untuk bangsa.

“Kami mempersembahkan kemenangan ini untuk Indonesia khusususnya untuk musisi muda. Kemenangan ini adalah usaha dan kerja keras dari seluruh tim dan semoga dapat menjadi motivasi bagi grup orkestra muda lainnya untuk dapat menembus panggung dunia,” ujar Dr. Nathania Karina.

Tim TRUST Orchestra yang dipimpin oleh Nathania Karina ini, terdiri dari 61 musisi muda Indonesia dengan rentang usia mulai dari 10-27 tahun. Mereka berhasil memperoleh nilai sempurna dalam kategori penilaian Artistic Impression.

Sebelumnya, TRUST Orchestra tidak menargetkan perolehan medali saat ingin berangkat ke Austria. Tim yang di dominasi oleh anak muda tersebut hanya ingin membuktikan bahwa musisi Indonesia bisa bersaing di mancanegara.

Berbagai kendala pun dihadapi oleh TRUST Orchestra mulai dari kekuatan fisik serta ukuran panggung festival yang besar. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat musisi muda tersebut hingga berhasil menyabet gelar juara.

"Kendalanya anak-anak cukup lelah dengan padatnya agenda festival. Penyesuaian panggung baru dan tentunya bermain di hall sebesar dan selegendaris musikverein dan MuTh menjadi tekanan sendiri," tambah Dr. Nathania Karina.

Para musisi muda tersebut mempersembahkan lagu daerah Bungong Jeumpa, Janger, Cublak Cublak Suweng, Manuk Dadali, Rasa Sayange dan North Sumatra Medley diperdengarkan di tiga tempat bergengsi, yaitu The Golden Hall Musikverein, the Vienna Boys’ Choir Concert Hall dan Vienna City Hall.

Festival tersebut juga turut disaksikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Austria, Bapak Darmansjah Djumala, Wakil Duta Besar Bapak Witjaksono Adji dan segenap warga Indonesia di Wina. Di sela-sela padatnya kegiatan festival, TRUST memberikan penampilan kejutan (flash mob) di area Stephanplatz yang disambut meriah oleh pengunjung.

Keberangkatan TRUST Orchestra menuju The World Orchestra Festival 2019 mendapat dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) RI, Kedutaan Besar Austria Jakarta, PT Trinity Optima Production, Musicmind, Andante Music School dan Kantorkuu Event Space sebagai venue partner.(Devita Nur Azizah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.