Tips Konturing Wajah Hanya Pakai Cushion dan Bedak

Oleh Dinny Mutiah pada 07 Agu 2019, 05:06 WIB
Cushion Foundation

Liputan6.com, Jakarta - Teknik konturing yang populer sejak beberapa tahun lalu masih bertahan hingga kini. Teknik tersebut diyakini bisa mengoreksi bentuk wajah hingga terlihat sempurna.

Namun, Makeup Artist (MUA) Vivi Thalib mengungkapkan ada pergeseran dalam teknik konturing. Jika dulu mengandalkan produk konturing khusus nan merepotkan ala Kim Kardashian, kini Anda bisa memanfaatkan cushion dan bedak saja.

"Dulu harus sampai tiga step, sekarang cukup pakai cushion, pakai bedak tabur, sudah jadi," katanya walau sebenarnya juga bisa menggunakan bedak padat.

Selain makeup lebih ringan di wajah, penggunaan cushion juga bisa menghemat waktu. Sebelum diaplikasikan, wajah terlebih dulu dibersihkan dan diberi pelembab agar siap menggunakan cushion.

"Terutama bagi yang kulitnya berjerawat, harus pakai pelembab dulu yang direkomendasikan dokter atau pakai toner yang direkomendasikan dokter, karena cushion biasanya SPF-nya tinggi," ujarnya.

Setelah itu, aplikasikan cushion dengan shade dua tone lebih tua dari warna kulit untuk menutupi jerawat. "Tipis-tipis saja," ia menambahkan.

Selanjutnya, sapukan cushion dengan shade lebih terang sebagai highlight. Utamanya di bagian dagu, dahi, hidung, dan tulang pipi. "Dagu supaya terlihat lebih panjang, sementara hidung terlihat lebih mancung," sambungnya.

2 of 3

Pengaplikasikan Bedak

Tips Konturing Wajah Hanya Pakai Cushion dan Bedak
Makeup artist Vivi Thalib mendemokan penggunaan cushion dan bedak sebagai kontur. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Setelah cushion, saatnya memulas bedak. Siapkan bedak dengan dua tone warna berbeda agar menghasilkan shading yang paripurna.

Vivi menggunakan bedak warna gelap untuk bagian pipi, sementara bedak warna terang untuk dahi dan dagu. "Pilih bedak tiga tone warna lebih gelap dibanding warna kulit untuk kontur," kata dia.

Selanjutnya, bagian pipi diusapkan blush on warna oranye di bagian tulang pipi. Tipis saja agar tidak terlihat menor. Tambah highlight untuk mencerahkan dengan memanfaatkan palet warna eye shadow yang terang.

Sementara, bagian mata bisa menggunakan warna coklat tua sebagai basis dilanjutkan dengan coklat keemasan agar mata lebih bersinar. Eye shadow juga bisa jadi highlighter dengan memoleskan di tulang pipi atas dan ujung hidung.

"Sementara, lipstiknya kupilih kecoklatan agar kelihatan natural," katanya. 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓