Sukses

Disebut Penyebab Listrik Padam di Pulau Jawa, Ini Manfaat Pohon Sengon

Pohon sengon memiliki beragam manfaat. Pohon ini sempat disebut-sebut sebagai penyebab mati listrik di Pulau Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Nama pohon sengon mendadak ramai jadi perbincangan usai padamnya listrik di Pulau Jawa beberapa hari lalu. Hasil investigasi mengungkap, mati listrik tersebut diduga dipicu oleh pohon yang ada di sekitar jaringan.

Belum jelas pohon apa yang menjadi diperkarakan. Namun, pohon sengon disebut-sebut sebagai si biang kerok padamnya listrik di Pulau Jawa.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, pohon tersebut memiliki ketinggian melebihi batas ruang bebas atau right of way (ROW) dengan jaringan listrik, yakni 8,5 meter.

Selain di Indonesia, sengon yang dikenal sebagai pohon peneduh dan penghasil kayu tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, China selatan. Pohon ini memiliki nama Latin Albizia chinensis.

Pohon ini sering dibudidayakan dan banyak digunakan pada produksi kayu di Indonesia. Sengon memiliki berbagai jenis, di antaranya sengon buto, sengon laut, sengon solomon, dan sengon tekek.

Dinamakan sengon buto karena kulit batangnya kemerah-merahan, sedangkan disebut sengon laut karena memiliki warna putih kecoklatan. Lain halnya dengan sengon solomon karena memiliki tinggi hingga 40 meter, dan sengon tekek karena kulitnya disebut mirip tokek dan banyak digunakan untuk pembuatan kertas dan triplek.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Sengon

Tak hanya kayunya, biji sengon bisa diolah menjadi makanan yang berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi, kolestrerol, dan asam urat.

Satomah, warga Made, Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur, pernah memanfaat biji sengon sebagai makanan yang berkhasiat. Ia mengolah biji sengon hingga bisa dimakan seperti kacang.

Selain itu, seperti dilansir dari doktersehat, pohon sengon memiliki berbagai manfaat lain. Meski disebut memiliki banyak manfaat, tapi bukti ilmiah tentang manfaat pohon sengon masih sangat minim.

Beberapa manfaat pohon sengon di antaranya membantu mengatasi kegelisahan, obat kanker, mengatasi depresi, mengatasi gangguan tidur, sakit tenggorokan, mengatasi gigitan serangga, meredakan infeksi, membantu pengobatan patah tulang, hingga terkilir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.