3 Tips Mendapatkan Harga Tiket Pesawat Murah via Online

Oleh Liputan6.com pada 06 Agu 2019, 04:06 WIB
Penumpang Pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma

Liputan6.com, Jakarta - Harga tiket pesawat yang melonjak tajam beberapa waktu lalu menjadi sorotan publik. Pasalnya, banyak masyarakat mengeluhkan mahalnya tiket pesawat yang dijual oleh maskapai penerbangan besar.

Bahkan ada rute penerbangan domestik yang lebih mahal jika dibandingkan dengan rute penerbangan internasional. Kenaikan harga pesawat tersebut sebenarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Hal itu membuat pihak maskapai menyesuaikan harga untuk tiket yang dijual. Lalu apa saja penyebabnya? Setidaknya, ada tiga faktor utama mengapa harga tiket pesawat ini mahal.

Meningkatnya biaya avtur

Faktor pertama adalah meningkatnya biaya avtur. Komponen biaya avtur sendiri dalam sebuah maskapai sangat dominan, yaitu 40 persen di samping biaya lainnya. Meningkatnya biaya avtur berpengaruh pada biaya operasional lainnya, termasuk biaya maintenance dan leasing pesawat.

Ditambah lagi komponen pesawat memang bukan barang yang murah dan untuk perawatannya pun diperlukan penanganan khusus yang membutuhkan biaya tak sedikit.

Perkembangan nilai tukar rupiah

Nilai tukar rupiah juga ditengarai menjadi faktor selanjutnya yang membuat harga tiket pesawat naik. Menyambung dari poin di atas, perawatan dan biaya operasional pesawat memang memakan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, semua pembayaran biasanya dilakukan dalam bentuk mata uang asing, dalam hal ini mata uang dolar AS.

Jika nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menurun, maka imbasnya harga komponen pesawat maupun biaya perawatan juga ikut membengkak. Hal tersebut akan berimbas pada tiket pesawat di beberapa maskapai.

Pengaruh high season dan low season

Ketiga, kenaikan harga tiket dipengaruhi oleh musim. Dalam satu tahun, ada musim-musim tertentu di mana penerbangan menjadi ramai atau dikenal dengan high season. Misalnya saja saat liburan akhir tahun atau ketika libur lebaran.

Pada saat seperti inilah harga tiket memang mengalami lonjakan.Sementara itu, untuk low season atau saat penerbangan tidak ramai, harga cenderung mengalami penurunan. Kemudian, pada hari-hari tertentu di luar musim tersebut, harga tiket pesawat bisa menjadi tinggi.

Contohnya, kalau Anda memesannya di akhir pekan atau hari Jumat dan Sabtu, tentu harganya berbeda dengan harga tiket pesawat di awal pekan atau pada Senin atau Rabu.

Mahalnya tiket pesawat yang dikarenakan beberapa faktor di atas, bisa disiasati kalau Anda jeli memanfaatkan peluang. Dengan mengetahui solusi ini, Anda bahkan akan mendapatkan harga murah untuk tiket pesawat yang diinginkan.

Hal ini juga akan membuat Anda semakin hemat kantong dan menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain saat liburan. Simak tiga tipsnya berikut ini.

2 of 2

Beli Tiket Round Trip

Banner Infografis Harga Tiket Pesawat Bakal Turun?
Banner Infografis Harga Tiket Pesawat Bakal Turun? (Liputan6.com/Triyasni)

Dalam dunia penerbangan, ada dua jenis tiket, yakni one way dan round trip. One way adalah tiket sekali jalan, sementara round trip merupakan tiket pulang-pergi. Keuntungan dari membeli tiket round trip akan membuat Anda menjadi lebih nyaman.

Tiket untuk kepergian maupun kepulangan bisa Anda amankan. Selain itu, biasanya jika membeli jenis tiket round trip, Anda berpeluang mendapatkan promo sehingga tiket menjadi lebih murah dibandingkan dengan one way.

Hindari membeli tiket mendekati tanggal keberangkatan

Selanjutnya dalam membeli tiket pesawat, hindari membeli mendekati waktu keberangkatan. Ini bisa membuat harganya begitu tinggi. Jadi, rencanakanlah dengan matang pembelian tiket ini.

Contohnya saja Anda membeli tiket pesawat minimal 40-50 hari sebelum tanggal keberangkatan untuk mendapatkan harga terbaik yang sesuai dengan budget.

Manfaatkan fitur pencarian harga tiket terbaik

Meski harga tiket mahal dan tarif ini kembali diturunkan oleh beberapa maskapai, Anda masih berkesempatan mendapatkan tiket murah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan beragam promo dan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi perjalanan.

Di Indonesia, aplikasi perjalanan terbesar yang juga memberikan banyak kemudahan dan fitur menarik adalah Traveloka. Traveloka kini hadir dengan fitur terbaru, yakni Price Alert. Lewat fitur ini, Anda bisa melihat harga tiket pesawat yang sesuai bujet.

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan rate harga tiket ke penerbangan yang dituju. Lalu, notifikasi akan dikirimkan jika ada tiket pesawat murah sesuai yang dituju dengan harga seperti yang dimasukkan sebelumnya.

Kalau Anda masih penasaran dengan fitur ini, bisa cek sekarang juga di aplikasi Traveloka untuk penerbangan yang makin berkesan dan menyenangkan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by