6 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Saat Mati Lampu

Oleh Henry Hens pada 04 Agu 2019, 16:04 WIB
Marah dan Teriak

Liputan6.com, Jakarta - Aliran listrik di Jakarta, Jawa Barat dan sekitarnya padam kurang lebih sejak pukul 12.00 WIB. PT PLN (Persero) menyatakan bahwa penyebab mati listrik di daerah Jakarta dan sekitarnya serta sebagian di Jawa Barat pada hari ini, Minggu (4/8/2019), akibat gangguan yang terjadi pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang.

Saat ini PLN terus berupaya untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal.  Kita memang tidak pernah tahu kapan mati lampu akan terjadi dan kappa akan hidup lagi. Bisa saja terjadi dalam waktu lama atau bisa saja hanya beberapa saat. Yang bikin makin kesal, kalau mati lampu terjadi malam hari. Sudah gelap, tidak ada listrik, lalu apa yang bisa kita lakukan?

Hidup manusia modern sudah sangat tergantung pada listrik. Saat listrik dipadamkan, entah karena ada perbaikan atau kerusakan jaringan listrik, kita seolah kembali ke zaman purba. Tidak ada penerangan, tidak bisa nonton TV.  Mau menggunakan internet, ada operator internet yang tetap lancar seperti biasa, tapi ada juga yang lambat atau bahkan tidak bisa sama sekali.

Namun tak usah terlalu sedih dan panik. Masih ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan saat mati lampu. Dilansir dari Fimela, berikut enam kegiatan yang bisa dilakukan saat listrik mati dan siapa tahu tiba-tiba menyala saat melakukan sejumlah kegiatan berikut

Update Status dan Komplain ke PLN

Hal yang satu ini mungkin sudah sering Anda lihat atau Anda lakukan sendiri. Saat mengalami tragedy mati lampu, biasanya akan ramai status-status Twitter yang berisi keluhan atau omelan.  Biasanya status-status itu ngomel ke PLN atau curhat terselubung akibat mati lampu.

Terkadang bikin kita kasihan atau justru bikin tertawa. Ada juga yang ngomel ke PLN secara frontal di jejaring sosial. Sebenarnya ngomel di Twitter tidak akan menyelesaikan masalah apapun, tapi rasanya agak lega setelah ngomel.  Ada juga yang tidak sabaran dan menelepon pihak PLN, meski ini juga tidak membantu banyak, apalagi jika ada kerusakan jaringan listrik.

Cerita Horor atau Seram

Anda sedang kumpul bersama teman saat mati lampu? Ini adalah waktu yang tepat untuk saling berbagi cerita horor. Suasana yang gelap, tenang, remang-remang cahaya lilin, pantulan bayangan di dinding yang bergerak-gerak akan menambah kesan angker.

Pokoknya cocok untuk Anda yang suka cerita hantu. Berkumpullah di satu kamar, dan duduklah dengan nyaman. Nyalakan sebuah lilin di tengah ruangan. Silakan berbagi cerita horor satu sama lain.

Untuk mendukung suasana lebih seru saat mati lampu, Anda bisa menceritakan kisah horor di tempat yang tidak jauh dari tempat Anda bercerita. Nantikan saja reaksi tak terduga dari salah satu teman Anda.

2 of 4

Baca Buku

Membaca Buku
Membaca Buku (sumber: istockphoto.com)

Selama ini Anda mungkin lebih sibuk dengan gawai daripada membaca buku atau bahan bacaan lainnya. Saat listrik padam dan mungkin baterai gawai Anda sudah menipis, ada baiknya dimatikan atau disimpan saja agar bisa digunakan untuk keadaan darurat.

Kalau masih ada penerangan, sebaiknya manfaatkan waktu untuk membaca buku, majalah maupun bahan bacaan lain. Setidaknya wawasan Anda bisa bertambah dan waktu tak terbuang sia-sia.

Mengungsi

Mengungsi bukan hanya dilakukan saat terjadi bencana alam, tapi juga saat mati listrik. Kalau Anda sendirian di rumah dan tidak tahu mau melakukan apa, ada baiknya mengungsi saja.

Biasanya lampu padam di daerah tertentu, daerah lain ada yang tidak mengalami mati lampu. Jika Anda punya keluarga atau teman yang tinggal di daerah menyala, Anda bisa mengungsi di sana sementara waktu.

Kalau terjadi pemadaman total seperti sekarang ini, tak ada salahnya juga mengungsi ke rumah keluarga atau teman yang juga terkena mati lampu. Setidaknya Anda punya teman saat hati sedang kesal.

3 of 4

Makan di Warung Kaki Lima

Street Food di Kota Bangkok
Suasana Street Food di Kota Bangkok (iStockphoto)

Kalau perut terasa lapar dan tak ada makanan di tempat tinggal kita, sebaiknya makan di warung kaki lima saja. Ada sensasi tersendiri saat Anda kabur ke warung kaki lima ketika mati lampu. Saat makanan tersaji di depan mata, dengan cahaya lilin, berasa candle light dinner. 

Kalau Anda makan dengan teman-teman, suasananya pasti bakal lebih seru. Selain itu, kita masih bisa menikmati angin sepoi-sepoi daripada berkutat di dalam rumah yang terasa gerah karena tak bisa menyalakan AC maupun kipas angin.

Tidur

Anda yang sering lembur malam untuk menyelesaikan tugas kantor atau tugas kuliah, inilah waktu yang tepat untuk tidur lebih awal. Mati lampu bisa jadi alasan untuk memanjakan tubuh dengan istirahat dan tidur.

Karena tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan, dan dengar kabar dari PLN kalau mati lampu ini akan berlangsung semalam suntuk, ya sudah tidur saja. Mungkin dengan tidur, Anda bisa menikmati kembali sensasi tidur sebelum tengah malam.

Akan lebih bagus jika ada suara-suara jangkrik pengantar tidur. Setidaknya bisa mengulang masa-masa ketenangan di masa kecil sebelum ada gawai dan laptop.

4 of 4

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by