Sukses

Cerita Akhir Pekan: 6 Peralatan dan Aksesori Lari yang Harganya Selangit

Banyak orang menggunakan lari sebagai ajang pamer aksesori dari ujung kepala sampai kaki yang harganya tidak murah.

Liputan6.com, Jakarta - Lari adalah olahraga paling mudah dan dapat dilakukan semua orang untuk menjaga kebugaran badan. Olahraga ini makin banyak diminati bahkan kini bisa dimasukkan dalam kategori kekinian.

Lari semakin tren dengan banyaknya lomba yang digelar, komunitas lari, dan unggahan di media sosial yang secara konstan membuat orang yang tak suka berlari jadi terbawa demam olahraga satu ini.

Selain mudah, secara sekilas lari juga murah karena tak membutuhkan peralatan khusus. Tapi, ketika lari dianggap sebagai bagian dari gaya hidup, semua itu berubah. Berlari kini bukan sekadar olahraga untuk mencari keringat.

Sekarang, banyak orang memafaatkan lari sebagai ajang 'pamer' perlengkapan mahal dari ujung kepala sampai kaki. Dari sejumlah aksesori, berikut enam peralatan lari dengan harga selangit yang dilansir Liputan6.com dari beragam sumber, Jumat, 2 Agustus 2019.

Sepatu Trail dan Race

Salah satu yang menentukan kenyamanan saat lari adalah penggunaan sepatu. Para pelari bisa saja memakai sepatu murah, namun efek jangka panjang untuk persendian dan otot disebutkan bakal jadi kurang baik.

Berdasarkan medan yang digunakan dalam berlari, ada dua macam sepatu untuk olahraga ini, yaitu sepatu trail dan race. Sepatu trail biasa digunakan untuk berlari di lintas alam, seperti bukit, gunung, atau pantai. Sedangkan race adalah jenis sepatu untuk lari di area yang lebih bersahabat, jalan beraspal misalnya.

Sepatu untuk trail termasuk yang paling mahal. Harganya mulai dari Rp2 juta-an, sedangkan sepatu race dibanderol sekitar Rp1 juta-an.

Baju dan Celana Lari

Kebutuhan akan baju dan celana lari juga cukup menguras kantong. Ada pelari yang merasa membutuhkan sleeve untuk betis, celana pendek sebatas paha, celana panjang sampai mata kaki, bahkan full body suit yang menyerupai pakaian selam.

Pakaian lari ini menawarkan konsep medis yang sudah terbukti sejak lama, yakni pakaian yang ketat dapat membantu peredaran darah dan limfatik atau getah bening.

Harga celana khusus untuk lari berkisar antara Rp380 ribu--Rp847 ribu per helai.  Sementara itu pakaian khusus lari dari Nike dibanderol antara Rp170 ribu sampai Rp720 ribu per helai.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jam Tangan Khusus Lari

Jam tangan berfungsi untuk mengukur waktu kecepatan dan kemampuan berlari, sedangkan hydropack berfungsi untuk membawa air minum atau ponsel. Harga untuk jam tangan lari bisa mencapai Rp6 juta, sementara untuk hydropack sekitar Rp200 ribu.

Gawai Sandangan

Aksesori lain yang banyak digunakan para pelari zaman sekarang adalah gawai sandangan (wearable). Alat canggih ini biasanya digunakan untuk mengetahui berapa jumlah kalori yang terbakar saat berlari dan berapa jarak yang sudah ditempuh.

Ada juga pelari yang memanfaatkan gawai untuk memantau kinerja kebugaran sekaligus membagikan data kebugaran ke akun media sosial. Harga wearable di berbagai toko daring berkisar antara ratusan ribu rupiah sampai sekitar Rp10 juta.

3 dari 3 halaman

Armband

Berlari sambil mendengarkan musik adalah kombinasi aktivitas yang menyenangkan. Banyak orang mendengarkan musik dari gawai mereka saat berlari. Hal itu sangat berisiko karena gawai bisa jatuh. Karenanya, para pelari menggunakan armband untuk memastikan gawai tetap aman.

Salah satu model yang banyak diminati adalah Velo A701 Sports Armband for 4.7 Inch dengan kesan sporty dan stylish. Ada lubang untuk handsfree dan slot khusus untuk menyimpan kunci. Produk untuk menemani olahraga lari ini dijual sekitar Rp149 ribu.

Topi dan Kacamata

Lindungi mata dan wajah dari paparan langsung sinar UV saat berlari juga tak kalah penting. Karena Indonesia memiliki iklim tropis dengan cuaca panas, kacamata dan topi adalah dua aksesori yang sebaiknya jangan dilewatkan saat berlari di luar ruangan.

Topi bisa membuat Anda semakin fashionable saat berlari. Topi yang terbuat dari bahan katun dan poliester dengan desain sporty bisa jadi pilihan terbaik. Topi ini tidak membuat kepala terasa lembap dan memberi kenyamanan saat dipakai. Topi keren ini harganya mulai dari sekitar Rp199 ribu.

Untuk kacamata, ada RX Eyewear UV400 Unisex Glasses - Mat White yang sangat direkomendasikan. Desainnya elegan dan fashionable, Bingkai kacamata ini terbuat dari bahan polycarbonate, polarized lens, dan rubber nose pad yang nyaman dipakai saat berolahraga. Harga kacamata ini bisa mencapai sekitar Rp740 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.