6 Minuman yang Tak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Oleh Henry Hens pada 04 Agu 2019, 17:31 WIB
Diperbarui 04 Agu 2019, 17:31 WIB
Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda sudah tidak makan selama berjam-jam, Anda pasti akan merasakan lapar. Kalau perut kosong, Anda pasti ingin mengisinya dengan menu makanan yang lezat atau dengan minuman yang segar.

Saat lapar, bukan hanya perut yang keroncongan tapi juga tenggorokan terasa kering. Namun, bagaimana jika Anda sedang sibuk dengan pekerjaan sehingga tak bisa segera mengisi perut? Anda mungkin akan mengambil cara instan seperti mengambil segala macam yang mudah untuk dijangkau.

Misalnya minuman, yang paling praktis bisa didapatkan dengan membeli di toko atau mini market terdekat.  Buntutnya, kita cenderung tidak terlalu memperdulikan kandungan gizi yang dikonsumsi. 

Padahal, tidak semua minuman baik dikonsumsi saat perut masih kosong. Dilansir dari Healthline, berikut enam minuman yang sebaiknya jangan dikonsumsi saat kita lapar dan belum makan.

Yoghurt

Yoghurt sering dikonsumsi mereka yang melakukan diet. Namun tidak semua yoghurt merupakan pilihan yang baik. Yoghurt buatan atau yang banyak dijual di luar penuh dengan gula tambahan. Artinya, tidak semua yoghurt mengandung cukup protein.

Selain itu, kandungan bakteri asam laktat (bakteri baik) yang ada pada yoghurt dapat terbunuh atau hilang oleh asam hidroklorik yang ada di lambung saat Anda belum makan apa pun.

Minuman Dingin

Mengonsumsi minuman dingin jenis apa pun pada perut kosong dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan usus. Minuman dingin bisa membuat perut kembung dan tidak nyaman.

Lebih baik Anda minum segelas air hangat di pagi hari sebelum sarapan atau ketika perut masih kosong. Hal itu bisa meningkatkan pencernaan, sirkulasi, dan membantu penurunan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Minuman bersoda

20160823-Minuman Soda
Perbesar
Ilustrasi Foto Minuman Soda (iStockphoto)

Anda mungkin sudah tahu ketika bangun tidur tidak boleh langsung minum soda. Itu karena soda mengandung karbonasi sangat tinggi yang bisa menyebabkan perut dingin pada saat perut kosong.

Kandungan pada soda dapat merusak selaput lendir perut sehingga memperlambat proses pencernaan makanan. Minum air putih hangat tetap jadi pilihan terbaik saat perut masih kosong di pagi hari.

Minuman manis

Tak hanya disarankan untuk jangan meminum minuman asam dan bersoda, Anda juga perlu menghindari minuman manis pada perut kosong. Kandungan gula bisa membebani kerja hati, terutama buat Anda yang menderita penyakit diabetes.

Ditambah lagi kalau Anda mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan dan olahan, hal itu akan lebih berbahaya bagi kesehatan. Bahkan minuman seperti jus jeruk juga tidak dianjurkan untuk diminum saat kita lapar.


Kopi

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Saat pekerjaan dan aktivitas menumpuk, terkadang kita memilih untuk minum kopi demi mengatasi rasa kantuk. Tapi kalau kopi dikonsumsi ketika perut masih kosong, minuman ini akan cukup berbahaya bagi perut.

Zat yang ada pada kopi akan merangsang asam klorida di dalam tubuh. Perut akan terasa mulas dan bahkan bisa menyebabkan sakit maag.

Alkohol

Sebenarnya sudah banyak orang tahu kalau minum alkohol dapat mengganggu kesehatan. Namun pada kenyataannya masih banyak yang senang mengonsumsi minuman yang satu ini. Minum minuman beralkohol saat perut masih dalam keadaan kosong perlu diperhatikan, apalagi kalau kuantitas alkoholnya banyak.

Hal itu akan sangat berbahaya bagi tubuh. Otak tidak akan bisa berpikir secara jernih sehingga gerak badan bahkan mungkin pikiran tak akan bisa terkontrol dengan baik.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya