Sukses

5 Desain Pojok Baca nan Kece di Rumah Tanpa Menguras Bujet

Tak hanya bisa disesuaikan dengan bujet, pojok baca bisa menjadi tempat favorit Anda di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Membaca buku masih diyakini sebagai hobi bermanfaat. Aktivitas ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk di rumah. Tapi, tak ada salahnya menyediakan pojok baca secara khusus di rumah.

Anda cukup memanfaatkan sudut ruang yang menganggur dan mendesainnya sesuai anggaran yang tersedia. Jika Anda bingung harus mendesain pojok baca yang seperti apa, Anda bisa menggunakan lima inspirasi dari Dekoruma berikut ini.

Sudut Baca dengan Nuansa Alami

Nikmatnya membaca buku dikelilingi suasana alam memang tiada duanya. Meski Anda tinggal di perkotaan, nuansa ini tetap bisa dihadirkan.

Gunakan kursi rotan sebagai alas duduk dan meja kecil dengan permukaan kayu. Hadirkan tanaman dalam ruangan di rak buku. Tak lupa, nyalakan kipas angin supaya udara semilir seolah Anda berada di taman hijau.

Sudut Baca Bergaya Shabby Chic

Ternyata, gaya shabby chic yang sudah ada sejak lama masih digandrungi banyak orang, khususnya wanita. Motif bunga-bunga pastel yang jadi ciri khas gaya ini bisa diaplikasikan di pojok baca juga. Efeknya, sudut baca akan mencerminkan kesan feminin dari diri Anda, bak putri kerajaan yang sedang membaca di area favoritnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadirkan Sofa Bed

Membaca tidak harus dalam posisi duduk terus menerus karena bisa membuat tulang punggung pegal. Pemakaian sofa bed bisa jadi jalan keluar.

Pilih sofa bed dengan keempukan yang sesuai selera Anda. Agar sudut baca terlihat lebih estetik, pasang karya seni di dinding dan tanaman di meja samping. 

Permainan Warna Cerah

Bagi beberapa orang, warna-warna yang atraktif justru bisa membantu mereka bersemangat. Pada sudut baca ini, warna biru mendominasi baik dari dinding hingga furnitur yang digunakan.

Meskipun agak mencolok, warna biru juga dipercaya bisa menghadirkan ketenangan bagi penghuninya. Warna-warna atraktif tersebut perlu diseimbangkan dengan warna coklat atau putih sebagai penetral melalui furnitur lainnya.

3 dari 3 halaman

Bean Bag Lesehan

Kurang suka membaca di atas kursi? Coba gunakan bean bag sebagai penggantinya. Bean bag memperbolehkan Anda untuk duduk dengan alas dengan dominasi lesehan.

Sebagai alas, gunakan karpet dengan bulu halus demi kenyamanan kulit Anda. Hiasi dengan ragam dekorasi. Dominasi warna putih menyelimuti area baca ini dengan sentuhan warna biru pada lukisan dinding dan bantal kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.