Sukses

Replika Stupa Borobudur Berdiri Megah di Kebun Raya Terbesar di Ibu Kota Ukraina

Replika stupa Borobudur di Ukraina itu dikerjakan oleh tiga ahli bangunan yang didatangkan dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Replika stupa Borobudur jadi pemandangan baru di National Botanical Garden M.M Gryshko yang merupakan kebun raya terbesar di Ukraina. Kehadiran stupa itu tak lepas dari peran KBRI setempat.

Replika stupa itu berdiri di areal Taman Indonesia. Pembangunannya dilakukan untuk menyambut hari ulang tahun ke-74 RI. Peresmiannya nanti akan diselenggarakan tepat pada 17 Agustus 2019 oleh Dubes RI untuk Ukraina, Yuddy Chisnandi.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis, 1 Agustus 2019, pendirian replika stupa Borobudur itu untuk menggambarkan kebesaran peradaban Bangsa Indonesia. Acara peresmian nanti akan digelar selama tiga hari, pada 16--18 Agustus 2019, dengan menampilkan budaya Indonesia.

Puncak acara berlangsung pada 17 Agustus mendapat bersamaan dengan pelaksanaan Resepsi Diplomatik HUT ke-74 RI yang akan dihadiri sejumlah tokoh masyarakat Ukraina, kepala perwakilan asing dan organisasi internasional, hingga masyarakat Indonesia di sana.

Momen tersebut akan jadi saat bersejarah karena stupa dipersembahkan sebagai tanda persahabatan antara Indonesia dan Ukraina. "Dan sebagai hadiah menyambut HUT Kemerdekaan Ukraina yang ke-28 pada 24 Agustus mendatang," kata Yuddy.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Pengerjaan

Acara peresmian itu juga mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Meski belum dipastikan, jajaran KBRI menyiapkan segala hal demi kelancaran acara. Yang utama tentu pembangunan replika stupa Borobudur.

Pembangunannya telah dimulai sejak akhir Juni 2019. Pengerjaannya memakan waktu 51 hari dan dibangun oleh tiga pekerja bangunan seni yang khusus didatangkan dari Indonesia.

"Saat ini, hanya tinggal menyelesaikan pembangunan jalan tangga yang menghubungkan stupa dengan areal Paviliun Indonesia, serta pembenahan areal taman untuk persiapan peresmian Stupa Borobudur di Ukraina," kata Yuddy.

National Botanical Garden M.M. Gryshko, merupakan kebun raya terbesar di Kyiv yang memiliki ribuan spesies pohon dan tanaman tropis, juga subtropis. Kebun raya seluas 120 hektare itu dibangun pada 1932 dan merupakan objek wisata keluarga yang tak pernah sepi pengunjung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.