5 Alasan Harus Pesan Tiket Pesawat Jauh-Jauh Hari

Oleh Liputan6.com pada 01 Agu 2019, 03:42 WIB
Ilustrasi tiket pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kesibukan dan tekanan pekerjaan yang kita alami sehari-hari, salah satu cara mengatasinya adalah dengan berlibur. Liburan biasanya jadi cara ampuh untuk sejenak melupakan beban pekerjaan.

Bisa juga untuk beristirahat agar kita bisa lebih segar saat kembali bekerja maupun melakukan aktivitas lainnya. Karena itu, liburan harus direncanakan dan dipikirkan dengan matang. Terlebih lagi jika ingin liburan yang tidak ingin menguras kantong. Salah satu hal penting untuk dipertimbangkan ialah tiket pesawat.

Maklum saja, biaya tiket ini terkadang menjadi anggaran terbesar dari liburan Anda. Untuk menyiasatinya agar makin hemat, Anda bisa memesan tiket pesawat jauh-jauh hari. Mengapa demikian? Berikut lima alasannya yang perlu diketahui.

Menghindari Kehabisan Tiket

Alasan pertama jelas, untuk menghindari kehabisan tiket. Meskipun ini alasan klasik namun masih berlaku sampai sekarang. Tak ada jaminan Anda akan mendapatkan tiket pesawat untuk rute penerbangan yang dipilih mendekati hari keberangkatan.

Jika ada, sudah pasti harganya melambung tinggi dari perkiraan.Misalnya saja, bila Anda merencakanan liburan pada waktu high season seperti Lebaran dan liburan akhir tahun. Terutama bila Anda ingin liburan ke luar negeri.

Jadi, penting untuk mengetahui kapan saja waktu yang merupakan high season di negara atau area tersebut untuk menghindari kehabisan tiket pesawat.

Mendapatkan Promo Menarik

Keuntungan berikutnya dari membeli tiket jauh-jauh hari adalah berkesempatan meraih promo yang ada. Beberapa maskapai kerap memberikan harga khusus untuk konsumennya yang membeli tiket jauh sebelum hari keberangkatan.

Ada baiknya jika Anda memesan tiket tepat pada 42 sampai 50 hari sebelum keberangkatan. Bagi para travel agent waktu tersebut dikenal dengan istilah ‘prime booking window’.Kalau Anda memesan tiket pada Senin atau Selasa berpeluang besar memperoleh tiket murah karena di dua hari inilah biasanya ada penawaran diskon.

Lain halnya jika pemesanan tiket dilakukan pada Jumat dan Minggu. Hal ini karena menjelang akhir pekan banyak maskapai yang menaikkan harga pesawat untuk rute-rute penerbangan yang banyak dipilih.

2 of 3

Lebih Hemat Biaya

Traveling Liburan Jalan-Jalan
Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Saat liburan, Anda pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebut saja seperti biaya akomodasi, tiket pesawat, hotel, serta tiket ke destinasi wisata yang dituju. Belum lagi jika terjadi hal tak terduga, Anda pun harus mempersiapkan dana ekstra.

Karena itu, Anda harus pintar-pintar membuat pos anggaran liburan tersebut. Khususnya mana dana yang bisa dipangkas dan digunakan untuk keperluan lainnya. 

Membeli tiket pesawat jauh-jauh hari bisa jadi alternatif. Sebab, tiket akan dijual dengan harga murah dan pengeluaran liburan Anda tidak membengkak. Anda pun bisa liburan dengan tenang tanpa harus memikirkan bujet tiket pesawat.

Selain itu, jangan memesan tiket di minggu yang sama dengan tanggal keberangkatan. Pada waktu seperti inilah harga tiket pesawat berada pada tingkatan tertinggi dan membuat biaya pengeluaran bertambah.

Mudah untuk pembatalan

Walaupun Anda sudah merencanakan liburan dengan matang, hal tak terduga bisa saja terjadi dan membuat Anda harus membatalkan liburan tersebut. Maka, Anda pun terpaksa harus membatalkan tiket pesawat yang sudah dipesan.

Bayangkan saja jika memesan dekat dengan waktu keberangkatan, tentu ini sangat merepotkan bukan?Berbeda halnya ketika memesannya pada jauh-jauh hari. Saat terjadi pembatalan karena hal-hal tak terduga, Anda bisa melakukan pembatalan dengan tidak terburu-buru.

Selain itu, Anda masih punya kesempatan mendapatkan harga tiket pesawat untuk penerbangan berikutnya. Bahkan bila beruntung Anda bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang murah.

3 of 3

Lebih Terencana dengan Baik

7 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Bisa Traveling di Tahun 2018
Ilustrasi liburan (pixabay.com)

Alasan terakhir mengapa Anda harus beli tiket pesawat jauh-jauh hari adalah agar perjalanan lebih terencana dengan baik. Anda masih punya waktu untuk mendapatkan mana harga tiket pesawat paling murah dengan membandingkan antar maskapai. Di era teknologi digital seperti sekarang, membandingkan dan mencari harga tiket pesawat murah jauh-jauh hari sangatlah mudah.

Anda dapat menggunakan aplikasi perjalanan dan berlangganan informasi yang diberikan melalui email. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi perjalanan terbaik Traveloka. Bukan hanya menyediakan layanan pemesanan tiket saja, di sini Anda juga bisa menentukan budget liburan dengan fitur Price Alert.

Melalui fitur tersebut Anda cukup memasukkan berapa rate harga tiket pesawat terbaik untuk rute penerbangan yang diinginkan dengan cara klik tautan berikut. Selanjutnya, setelah memasukkan batasan harga yang diinginkan, Anda akan mendapatkan notifikasi jika terdapat harga yang sesuai. Lalu, lanjutkan dengan pembayaran sejumlah yang tertera.

Kini, mendapatkan tiket pesawat murah di jauh-jauh bukan hanya mimpi dan bisa didapatkan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Selamat berlibur!

Lanjutkan Membaca ↓