6 Destinasi Berburu Kabut yang Bukan Asap di Seputar Malang Raya

Oleh Putu Elmira pada 02 Agu 2019, 07:03 WIB
Diperbarui 04 Agu 2019, 02:13 WIB
Coban Bidadari

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki sejumlah destinasi menarik membuat Malang menjadi tujuan wisata favorit di Indonesia. Mulai dari wisata alam, permainan, edukasi, kuliner, hingga wisata sejarah ada di kota yang dijuluki 'Paris of East Java' ini.

Saat musim dingin tiba, beberapa tempat di Malang menjadi buruan para traveler. Hal ini dikarenakan adanya kabut pekat yang menyelimuti sejumlah destinasi tersebut yang tak hanya membuat suasana menjadi sejuk, tetapi juga indah untuk diabadikan.

Penasaran dengan beberapa tempat yang menyuguhkan pemandangan kabut? Liputan6.com merangkum enam wisata di Malang Raya yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, 31 Juli 2019.

1. Coban Bidadari

Kawasan pertama yang bisa jadi pilihan Anda untuk berburu kabut adalah Coban Bidadari. Berlokasi di Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, tempat ini sering dijadikan pilihan untuk sejenak menikmati indahnya kabut setelah pulang mendaki dari Gunung Bromo atau Semeru.

Hamparan luas pepohonan hijau membuat nuansa asri dan memukau mata saat mengunjungi Coban Bidadari. Tempat ini memang seing diselimuti oleh kabut yang membuat pengunjungnya ingin berfoto dan mengabadikan momen indah tersebut.

Ada berbagai spot foto menarik yang disedikan di tempat ini seperti, rumah pohon dan sayap burung. Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun sambil merendam kaki di tempat wisata yang berada di Kota Malang ini.

2 dari 7 halaman

2. Taman Langit Gunung Banyak

Taman Langit Gunung Banyak
Taman Langit Gunung Banyak Malang (dok.Instagram@luminous433/https://www.instagram.com/p/BuD8z-lH4CR/Devita Nur Azizah

Selanjutnya adalah taman di kawasan Malang yang juga menyajikan pemandangan indahnya kabut. Taman Langit Gunung Banyak terletak di Kelurahan Songgokerto dan berada dekat dengan Gua Pinus, Malang. Tempat ini menawarkan area dan panorama yang membuat pengunjung merasa seperti berada di negeri dongeng.

Saat musim hujan tiba, tempat ini sering diselimuti oleh kabut. Intensitas kabut yang tinggi di pepohonan, membuat pengunjung sangat antusias untuk mengabadikan momen tersebut dengan berfoto.

Tak hanya itu, gemerlap lampu warna-warni pada malam hari dan berbagai spot foto yang ada membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Untuk yang ingin mengabadikan momen kabut di tempat ini, Anda dapat mendatanginya di daerah Kota Batu Malang.

3 dari 7 halaman

3. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo Malang (dok.Instagram@ovel_nurhakim/https://www.instagram.com/p/B0j5or0nFyd/Devita Nur Azizah

Ranu Kumbolo menjadi salah satu destinasi yang populer di kawasan Gunung Semeru. Berada di ketinggian 2.390 mdpl, danau ini memiliki keindahan yang asri dan memukau mata lewat pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Tak hanya itu, warna air danaunya yang biru serta kabut yang menyelimuti area sekitar bukit membuat tempat ini sangat memukau mata para pengunjungnya. Ranu Kumbolo juga menawarkan keindahan pepohonan hijau dari atas bukit.

Para pengunjung yang datang ke tempat ini selalu mengabadikan momen indahnya bersama kabut. Jika Anda beruntung, mata anda akan dibuat takjub dengan pantulan cahaya matahari sore yang menyatu dengan jernihnya air danau.

4 dari 7 halaman

4. Kebun Teh Wonosari

Kebun teh
Kebun Teh Wonosari Malang (dok.Instagram@rifdhaharosy_/https://www.instagram.com/p/BeK6o8SAymx/Devita Nur Azizah

Salah satu destinasi ini juga bisa jadi opsi Anda untuk menikmati indahnya kabut yang menyatu dengan alam. Kebun Teh Wonosari berlokasi di kaki Gunung Arjuno, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Malang, Jawa Timur.

Tempat ini menawarkan suasana asri dan sejuk lengkap dengan hamparan kebun teh yang luas memanjakan mata. Saat pagi hari, biasanya kabut pekat menyelimuti kebun ini dan membuat pengunjung ingin mengabadikan momen langka tersebut dengan berfoto.

Sambil menikmati kabut di pagi hari, pengunjung juga bisa melihat indahnya panorama matahari terbit dari atas kebun teh ini. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang suka berpetualangan dan menyatu dengan alam.

5 dari 7 halaman

5. Coban Talun

Coban Talun
Coban Talun Malang (dok.Instagram@cobantalun/https://www.instagram.com/p/Bw3DSbtHE3I/Devita Nur Azizah

Coban Talun menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Berlokasi di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, tempat ini juga menawarkan keindahan kabut yang menyelimuti beragai pepohonan di sekitar area.

Biasanya, kabut menyelimuti area di sekitar taman bunga yang terdapat di Coban Talun. Panorama warna-warni dari bunga ditambah pekatnya kabut membuat pengunjung ingin mengabadikan momen ini dengan berfoto.

Tempat ini juga menyediakan berbagai spot foto menari dan kekinian. Jika Anda ingin berburu kabut di wisata ini, jangan lewatkan untuk menikmati indahnya air terjun dan berbagai wahana di tempat ini.

6 dari 7 halaman

6. Hutan Pinus Bendosari Pujon

Hutan Pinus Pujon Malang
Hutan Pinus Bendosari Pujon Malang (dok.Instagram@abrahamyusuff/https://www.instagram.com/p/BgHp_1Th3lb/Devita Nur Azizah

Destinasi terakhir yang bisa jadi pilihan untuk berburu kabut adalah Hutan Pinus Bendosari. Berlokasi di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, tempat ini menawarkan pemandangan deretan hutan pinus yang menjulang tinggi.

Tak hanya itu, saat pagi hari tempat ini menawarkan panorama kabut yang menyatu dengan deretan pohon pinus. Berbagai spot foto Instagramble juga tersedia, yang paling menjadi favorit adalah kapal raksasa dan gardu dengan taman bunga.

Hutan Pinus Bendosari yang mengusung konsep terbuka lengkap dengan keindahan alam yang asri dan sejuk. Tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dari padatnya kehidupan perkotaan.(Devita Nur Azizah)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Lindsay Lohan Kembali Berkarya Lewat Lagu Back To Me