Sukses

Ketombe Bisa Picu Kebotakan Dini, Bagaimana Solusinya?

Botak yang disengaja mungkin tak akan menjadi masalah, tapi botak gara-gara ketombe, biasanya akan berdampak pada kepercayaan diri.

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata, putih-putih yang muncul di kepala Anda bukan sekadar kotoran. Pasalnya, ketombe membuat Anda sering menggaruk kepala. Bila dibiarkan, kerusakan lebih lanjut pada kulit kepala terjadi. Rambut akhirnya mudah rontok dan menipis, bahkan mengalami kebotakan. 

Ketombe bisa terjadi bila keringat pada kepala dibiarkan menumpuk. Berdasarkan studi, keringat yang dihasilkan orang dewasa dalam sehari bisa sampai memenuhi sepuluh botol berukuran 1,5 liter. Produksi minyak berlebih pada rambut itu membuat rambut mudah menyerap polutan lingkungan, seperti asap, bau masakan, dan aroma lainnya yang membuat kepala tak sehat dan ketombe.

Bak lingkaran setan, ketombe juga menyebabkan bau tak sedap. Masalah ini dialami banyak orang. Berdasarkan penelitian Head & Shoulder dalam rilis yang diterima Liputan6.com beberapa waktu lalu, 64 persen penduduk dunia mengalami masalah rambut, seperti penipisan rambut hingga kerontokan.

Bahkan, banyak pria muda kini mengalami kebotakan gara-gara masalah itu. Bila sudah begitu, kepercayaan diri bisa terpengaruh.

Sebelum masalah lebih serius terjadi, Anda perlu mencegahnya. Salah satunya dengan rutin menggunakan sampo berbahan aktif zinc pirition (ZPT). Dikutip dari laman Jurnal American Society for Microbiology, zat itu merupakan bahan antimikrobial yang banyak digunakan pada produk sampo antiketombe hingga produk cat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Kerja

Berdasarkan penelitian berjudul The Effects of A Shampoo Containing Zinc Pyrithione on The Control of Dandruff yang dilakukan Marks dan kawan-kawan dan dipublikasikan pada 1985, zat tersebut efektif mengatasi masalah ketombe. Setelah pemakaian rutin dua kali seminggu dalam jangka waktu tertentu, minimal lebih dari tiga kali, ketombe hilang dari kulit kepala.

ZPT juga bisa membuat rambut lebih sehat dan lebih kuat karenanya. Zat ini disetujui penggunaannya secara topikal di Amerika Serikat untuk mengatasi ketombe yang umumnya ditimbulkan oleh bakteri.

Merespons hal itu, Head & Shoulder baru-baru ini meluncurkan sampo terbaru dengan formula Advance Thickening Treatment. Selain ZPT, sampo juga dilengkapi dengan kafein dan vitamin yang diklaim dapat menebalkan setiap helai rambut.

Ada pula teknologi micro-lathering, yakni busa yang bisa menembus ke dalam bagian folikel rambut untuk menghilangkan minyak, keringat, dan kotoran secara efektif. (Indah Andini)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.