Sukses

Wah, Ada Jalur Baru Yatch di Perairan Indonesia

Melalui Program Sail To Indonesia, yachts yang bertolak dari Darwin masuk ke Kupang. Sedangkan yang bertolak dari Brisbane masuk di Debut, Maluku. Sementara dari Fremantle masuk ke Bali.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia tak hanya memiliki panorama alam pegunungan yang sangat indah. Wisata bahari pun tak kalah kerennya. Belum lama ini, yachts asal Australia membuka jalur baru ke perairan Indonesia, yaitu jalur Fremantle - Bali.

Dengan demikian ada 3 pintu masuk kapal kapal yachts dari Australia menuju Kepulauan Nusantara. Dua yg lain adalah jalur Darwin - Kupang dan jalur Brisbane - Debut, Maluku.

Kabar menggembirakan ini datang dari Laksamana (Purn) Dr.Marsetio, Ketua Bidang Yachts & Cruise Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari, Kemenpar. Hasil pertemuannya dengan Yacht Clubs di Fremantle, Australia Barat telah menetapkan jalur pelayaran baru Fremantle - Bali pada tahun 2020, yang pada awalnya direncanakan akan diikuti sekitar 200-an kapal layar (yachts).

“Kita menggalakkan destinasi-destinasi wisata bahari yang baru. Kita angkat dan perkenalkan kepada wisatawan mancanegara. Kita harus melakukan hal tersebut. Karena, salah satu keunggulan wisata Indonesia ada di sektor bahari,” papar Indroyono Soesilo, Penasehat Kehormatan Menteri Pariwisata / Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar, Selasa (23/7).

Melalui Program Sail To Indonesia, yachts yang bertolak dari Darwin masuk ke Kupang. Sedangkan yang bertolak dari Brisbane masuk di Debut, Maluku. Sementara dari Fremantle masuk ke Bali.

Yachts tadi kemudian berlayar menyinggahi kepulauan Nusantara guna menikmati ragam budaya negara kepulauan ini selama,rata-rata, 60 hari.

Menurut Indroyono, Laksamana (Purn) Marsetio bersama Konjen RI untuk Perth, Dewi Tobing, telah melakukan pertemuan di Perth, Australia. Tujuannya untuk mempromosikan Fremantle - Bali Yacht Race 2020. Rencananya, event ini akan diikuti 220 sampai 240 yacht. Atau akan menjadi route rally terbanyak pengikutnya.

Fremantle Bali Yacht Race 2020 akan menempuh rute dari Bali ke Lombok, Labuan Bajo, Selayar, Pare-Pare, Toli-Toli dan Nunukan. Sekaligus lanjut ke Jepang sebagai rute baru. Sebagai pemanasan, Indonesia juga akan dimeriahkan dengan Sail to Indonesia.

“Sail to Indonesia dimulai 25 Juli. Rutenya, dimulai dari Debut, Maluku, menyusuri kepulauan Nusantara dan berakhir di Bintan pada Nov 2019,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat senang dengan semakin bertambahnya jalur baru yacht.

“Jalur baru ini membuat potensi wisatawan mancanegara yang hadir semakin banyak. Dan ini sangat membantu untuk merealisasikan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara tahun 2019,” paparnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini