Jokowi dan Iriana Duduk Berdampingan Menatap Keindahan Alam Danau Toba

Oleh Henry Hens pada 30 Jul 2019, 19:02 WIB
Diperbarui 30 Jul 2019, 19:17 WIB
The Kaldera, Toba Nomadic Escape

Liputan6.com, Jakarta - Kesibukan sebagai kepala negara yang mempunyai agenda sangat padat, tak membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) lupa merajut kedekatan dan kemesraan dengan sang istri.

Hal itu ditunjukkan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (30/7/2019). Di sela-sela kunjungan ke The Kaldera, "Toba Nomadic Escape" yang berada di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jokowi dan Iriana menyempatkan diri duduk berdua dan menepi di salah satu sudut di kawasan wisata tersebut.

Dalam salah satu foto, Jokowi terlihat memakai kemeja putih tangan panjang, celana panjang hitam dan topi hitam. Sedangkan, Iriana yang membelakangi kamera terlihat mengenakan jaket merah, celana hitam dan topi lebar berwarna coklat muda.

Keduanya bercengkerama sambil menikmati pemandangan alam yang menawan. Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk memang menjadi ciri khas The Kaldera. Tempat ini juga sangat Instagrammable, cocok untuk wisatawan milenial yang ingin mencari tempat berlibur dan fotogenik berlatar belakang pemandangan alam Danau Toba.

Destinasi wisata mewah ini sudah resmi dibuka pada April 2019. Momen peluncuran ini sekaligus menjadi penanda dimulainya pembangunan kawasan pariwisata terpadu di Danau Toba.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jokowi berharap pembangunan di kawasan Danau Toba harus terintegrasi. Baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Daerah.

Jokowi mengatakan jika lahan seluas 386 hektare yang dikelola Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) harus segera dimulai pengembangan infrastruktur baik yang dikelola pemerintah ataupun swasta.

2 of 3

Kopi dan Jaket Ulos

The Kaldera, Toba Nomadic Escape
Jokowi dan Iriana menikmati pemandangan alam di Kaldera, Toba Nomadic Escape. (foto: dok. Kemenpar)

The Kaldera merupakan amenitas nomadic tourism yang dikembangkan oleh Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT). Nantinya, The Kaldera akan menyediakan amenitas berupa 15 tenda belt, 2 cabin, 2 tenda bubble, 1 ecopod, dan area parkir untuk camper van.

Dari lokasi itu, kita bisa melihat indahnya Desa Wisata Sigapiton yang berlokasi di lembah bawah The Kaldera yang diapit bukit di kanan dan kiri dengan pemandangan Danau Toba dan Pulau Samosir dari kejauhan.

Selain The Kaldera, Jokowi sebelumnya juga mengunjungi Taman Wisata Salib Kasih di Desa Situngkir, Simorangkir Julu, Kota Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Di destinasi wisata rohani itu, Presiden menyempatkan untuk melihat dan mencoba kopi serta membeli jaket ulos.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga didampingi sejumlah pejabat daerah dan Menteri Kabinet Kerja di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya, serta Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by