3 Cara Bersihkan Buah dan Sayur dari Pestisida

Oleh Asnida Riani pada 02 Agu 2019, 08:01 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Pestisida sudah sejak lama dimanfaatkan untuk membasmi hama tanaman, tak terkecuali di perkebunan buah dan sayur. Kendati memberi solusi saat penaman, bahan kimia ini nyatanya berimbas buruk untuk tubuh.

Fimela.com merangkumkan, akumulasi konsumsi pestisida dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis. Karenanya, simak beberapa cara buat sayur dan buah yang bakal Anda konumsi bebas dari pestisida berikut.

Baking soda

Penelitian yang diterbitkan Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa baking soda yang dilarutkan dengan 100 ml air mampu membersihkan buah dan sayur dari pestisida dengan sangat efektif. Cukup rendam buah dan sayur selama 12-15 menit, lalu gosok dan bilas dengan air mengalir setelahnya.

Garam

Penelitian yang dilakukan diterbitkan dalam jurnal Food Control menemukan bahwa mencuci sayuran dengan larutan garam 10 persen mampu membersihkan permukaannya dari pestisida dengan sangat baik. Cukup ambil 1 sdm garam ke dalam 1 liter air dan rendam selama 20 menit. Gosok dan bilas bersih setelahnya.

Cuka

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Control, merendam buah dan sayur ke dalam cuka selama 20 menit terbukti mampu membersihkan dari pestisida. Sayang, cuka cukup mahal untuk dibeli setiap kali ingin mencuci buah dan sayur.

Sebagai tips tambahan, mencuci dengan air mengalir hanya mampu membuang 9--12 persen pestisida pada bahan makanan, termasuk buah dan sayur, menurut penelitian yang dilakukan ilmuwan Connecticut Agricultural Experiment Station. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

 

2 of 2

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓