10 Destinasi Terbaik untuk Pecinta Keju, Mana yang Pernah Anda Kunjungi?

Oleh Komarudin pada 29 Jul 2019, 15:00 WIB
Ilustrasi Keju

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda penggemar sejati keju, tentu tak cukup jika hanya makan hidangan keju lokal. Cepat atau lambat, Anda akan mengembangkan hasrat untuk mencicipi beragam pilihan keju, dari varietas Spanyol asap hingga camembert Prancis yang kental hingga parmesan asin.

Anda juga akan tak cukup bergantung pada versi impor keju-keju terkenal yang baru keluar dari pabrik. Anda juga akan belajar sebanyak mungkin tentang proses pembuatan keju. Sebagai pecandu kopi hal tersebut sesuatu yang normal.

Untungnya, ada beberapa lokasi menakjubkan di seluruh dunia di mana Anda dapat mencicipi dan belajar tentang keju lokal, seperti dilansir dari The Travel, Minggu, 28 Juli 2019.

Somerset, Inggris

Jika Anda penggemar keju cheddar, maka Anda harus mengunjungi county Somerset Inggris, yang menyediakan cheddar berkualitas bagi dunia. Tentu saja, saat Anda berada di wilayah ini, Anda harus mengunjungi desa Cheddar.

Pembuatan keju di daerah ini berasal dari abad ke-12. Saat berada di desa ini, Anda dapat melakukan tur sendiri melalui Cheddar Gorge Cheese Company, belajar tentang proses pembuatan keju, mencicipi beberapa produk, dan kemudian membeli keju sebanyak yang Anda inginkan.

Setubal, Portugal

Ada berbagai keju yang diproduksi dari Portugal, tapi salah satu keju paling terkenal yang diproduksi di kota Setubal adalah Azeitão. Ini dibuat di kota dengan nama yang sama dan dibuat menggunakan susu domba.

Keju Azeitão sangat lembut dan memiliki rasa yang kuat yang disukai setiap pecinta keju. Selain mencicipi keju di Azeitão, termasuk mencicipi anggur di José Maria da Fonseca Wines.

Bern Canton, Swiss

Swiss, tentu saja, terkenal dengan keju Swiss. Jenis klasik yang datang dengan lubang, Emmentaler, berasal dari wilayah Bern Canton, mengambil namanya dari lembah sungai Emme. Yang paling banyak diekspor dari semua keju Swiss, Emmentaler dibuat dengan susu alpine mentah, yang memberikan rasa khas.

Anda dapat melakukan tur di sepanjang rute keju Emmentaler, yang akan memungkinkan Anda untuk bertemu beberapa pembuat keju lokal sambil menikmati pedesaan yang menakjubkan di sepanjang jalan.

2 of 4

Pag Island,Kroasia

Jenis Keju
Jenis Keju (sumber: iStockphoto)

Kroasia terkenal dengan masakannya yang segar dan lezat, dan sebagian dari itu adalah keju fantastis negara ini. Salah satu yang paling dicintai di antara penduduk setempat adalah Paski sir, atau keju Pag, yang diproduksi di pulau Pag, Kroasia yang berbatu. Keju keras dan tua memiliki rasa pedas, asin, dan dapat dibandingkan dengan parmesan Italia.

Keju diproduksi menggunakan susu dari jenis kecil domba. Saat mengunjungi Pag, pastikan untuk menggabungkan keju dengan anggur lokal dan prosciutto untuk pengalaman kuliner yang benar-benar otentik.

Normandia, Prancis

Di Prancis, ada sebuah museum keju yang berbentuk keju. Wilayah Normandia, di mana museum berada. Saat mengunjungi desa dengan nama yang sama, Anda bisa mencicipi keju di pedesaan setempat dari agen.

Museum Keju di Vimoutier akan mengajarkan Anda segala sesuatu yang Anda ingin ketahui tentang camembert, termasuk proses pembuatan dan sejarah di baliknya. Tak terkecuali, Anda akan mendapatkan banyak sampel.

Oaxaca, Meksiko

Meksiko menawarkan beragam keju lezat, dan salah satu yang paling terkenal berasal dari negara bagian Oaxaca di tenggara negara itu. Disebut Oaxaca, keju menyerupai mozzarella, hanya saja rasanya dan teksturnya lebih bermentega. Itu juga cenderung lebih mudah meleleh, membuatnya sempurna untuk berbagai hidangan Meksiko.

Keju ini juga dijual di bawah merek Quesillo dan biasanya disajikan dalam quesadillas, serta piring lokal lainnya di seluruh negeri. Ada toko keju tak berujung di Oaxaca di mana Anda dapat mencicipi dan membeli Quesillo sampai hati Anda puas.

 

3 of 4

Asturias, Spanyol

keju
ilustrasi keju/Photo by rawpixel.com from Pexels

Asturias kadang-kadang disebut sebagai tanah keju Spanyol. Jadi, wajib bagi setiap pecinta keju mengunjungi Spanyol. Setiap lembah di Asturias menghasilkan jenis keju sendiri.

Apakah Anda lebih suka keju biru atau keju asap, ada lebih dari 100 jenis yang dapat ditemukan di wilayah ini. Yang paling terkenal adalah keju Cabrales, yang menjadi ikon berkat rasanya yang kuat.

Wisconsin, Amerika Serikat

Wisconsin dikenal sebagai Negara Keju Amerika dan dengan alasan yang bagus. Ada lebih dari 600 jenis keju dari negara bagian, jadi tidak heran itu adalah Tanah Air Susu Negara.

Pastikan untuk mengunjungi salah satu toko keju tertua di negara bagian, yang disebut Fromagination. Terletak di Madison, toko ini menawarkan kesempatan sempurna untuk melahap beragam pilihan keju lokal, serta menyelenggarakan kelas pembuatan keju sendiri.

Emilia-Romagna, Italia

Italia dikenal dengan mozzarella, gorgonzola yang kaya, provolone pedas, dan ricotta yang lembut. Wilayah Emilia-Romagna juga merupakan rumah bagi keju parmesan yang terkenal, juga dikenal sebagai raja keju Italia.

Pergilah ke toko-toko lokal untuk mencicipi beberapa Parmigiano-Reggiano tradisional dan saksikan proses pembuatannya.

Wilayah ini, yang merupakan salah satu yang terkaya di Eropa, juga merupakan rumah bagi saus Bolognese, Parma ham, dan cuka balsamic. Jadi ada banyak yang harus dilakukan, selain keju, saat mengunjungi Emilia-Romagna.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓