Bikin Kulit Bersinar dan 3 Manfaat Keju Lainnya bagi Kesehatan

Oleh Henry pada 25 Jul 2019, 03:01 WIB
Keju

Liputan6.com, Jakarta - Keju memang bukan makanan pokok masyarakat Indonesia. Tapi makanan satu ini cukup digemari, terutama sebagai campuran kue dan masakan. Ada juga yang menjadikannya sebagai camilan.

Keju memang mengandung berbagai nutrisi yang penting. Seperti protein, kalsium, vitamin B12 dan zinc.  Namun dilansir dari Healthline, 19 Juli 2019, harus diingat kalau kalori yang dikonsumsi dapat meningkat dengan pesat kalau Anda mengabaikan jumlah yang dikonsumsi.

Menurut seorang ahli gizi dan juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, keju sangat bermanfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, Anda harus mengkonsumsinya dengan jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. Berikut sejumlah manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi keju.

Menguatkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Keju bisa membantu dalam penguatan tulang dan mencegah osteoporosis.Itu karena keju mengandung kalsium dan vitamin B yang sangat tinggi. Kedua kandungan tersebut bisa membantu menguatkan tulang.

Osteoporosis adalah penyakit yang menyerang tulang. Pada umumnya karena si penderita mengalami kekurangan kalsium. Salah satu obat herbal yang sangat bagus untuk dikonsumsinya adalah keju.

Selain mengadung kalsium dan vitamin B, keju ternyata juga mengandung protein, vitamin dan mineral yang di mana sangat bermanfaat untuk mengatasi osteoporosis.

Kolesterol Baik

Mengonsumsi keju akan membuat tubuh kita memproduksi lemak jenuh alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Lemak jenuh alami bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita.

Kandungan lemak jenuh yang terkandung di dalam keju membuat siapa saja bisa mengkonsumsinya. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, lansia bahkan ibu hamil pun bisa mengkonsumsinya.

2 of 3

Kesehatan Gigi

Kiat Merawat Kesehatan Gigi untuk Penderita Diabetes (Tuzemka/Shutterstock)
Kiat Merawat Kesehatan Gigi untuk Penderita Diabetes (Tuzemka/Shutterstock)

Bahan utama untuk membuat keju adalah susu. Susu sendiri sangat baik dikonsumsi karena dapat menyehatkan tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi keju secara rutin, bisa lebih melindungi gigi kita dari kerusakan.

Keju bersifat antikariogenik karena salah satu kandungan yang ada di dalamnya. Sifat antikariogenik secara efektif bisa mencegah gigi menjadi berlubang.

Kulit Bercahaya

Salah satu manfaat keju yang rasanya paling disukai para wanita adalah mampu membuat kulit tampak lebih glowing atau bercahaya. Keju memiliki berbagai kandungan vitamin yang sangat baik bagi tubuh terutama adalah vitamin B.

Khasiat utama Vitamin B adalah membantu pertumbuhan dan metabolisme sel.Dengan metabolisme dan pertumbuhan sel yang lancar, kulit bisa menjadi lebih terlihat bercahaya. Selain itu, ternyata keju juga memiliki manfaat lainnya yang bagus untuk kulit, yaitu membuat kulit lebih kenyal.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓