Miliuner Hong Kong Spontan Sumbang Grup Tari Usai Berpapasan di Bandara

Oleh Henry pada 24 Jul 2019, 21:01 WIB
Li Ka-Shing

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa miliuner atau orang terkaya yang dikenal dermawan. Salah satunya adalah miliuner asal Hong Kong, Li Ka-Shing. Pria yang disebut sebagai orang terkaya di Hong Kong ini memang dikenal sangat dermawan.

Baru-baru ini, ia memberikan uang sebesar 120 ribu dolar AS atau sekira Rp1,6 miliar untuk membiayai kelompok tari saat berada di Jepang. Dilansir dari Hong Kong Tatler, 22 Juli 2019, Li Ka-Shing memberikan sumbangan secara spontan. Waktu itu ia sedang berada di di bandara New Chitose, Hokkaido, Jepang, pada akhir pekan lalu. 

Lalu ada rombongan murid dari sanggar tari asal Shanghai berpapasan dengan pengusaha 90 tahun tersebut.  Anak-anak yang berasal dari sanggar tari Little Pigeon Dancing Group itu sedang dalam perjalanan untuk mengikuti kompetisi menari. Sang miliuner senang melihat mereka bersemangat ikut lomba dan memutuskan membiayai semua keperluan selama berada di Jepang.

Cerita pertemuan Li Ka-Shing bersama 45 anak tersebut pun dibagikan salah satu dari ibu mereka di media sosial Weibo.  Ibu yang diketahui bernama Zhang Zhuo ini mengungkapkan kalau Li juga memberikan masing-masing anak sebuah hadiah.

"Staf dari Yayasan Li Ka-Shing menghubungi kelompok dansa dan menawarkan untuk mensponsori perjalanan ke Jepang. Anak-anak pun mengirimkan video untuk mendoakan kesehatannya," terang Zhang.

2 of 3

Pria Paling Dermawan

Li Ka-Shing
Li Ka-Shing, miliuner Hong Kong yang dermawan. (dok.Instagram @seeyoupoorguy/https://www.instagram.com/p/Bz7kJDcHsE7/Henry

Guru kelompok tari anak itu pun merasa senang dan memuji sikap dermawan ayah dua anak tersebut.  Tidak diketahui berapa jumlah uang yang didonasikan untuk anak-anak tersebut.

Tapi jika diperhitungkan, biaya perjalanan satu orang anak bisa mencapai 2.700 dolar AS atau sekitar Rp37,8 juta.

Kalau ditotal termasuk guru dan orangtua yang mendampingi, bisa mencapai 120 ribuan dolar AS.  Belum lagi, uang yang dia keluarkan untuk membelikan setiap anak hadiah yang mereka inginkan.

Li Ka-Shing sendiri merupakan pengusaha sukses asal Guangdong, China, yang bermigrasi ke Hong Kong. Ia merupakan orang terkaya ke-28 di dunia dan orang terkaya nomor satu di Hong Kong versi majalah Fortune.

Pria yang disebut-sebut sebagai salah seorang miliuner paling dermawan di Asia ini tercatat sudah menyumbangkan uang sebesar 1,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp25,4 triliun. Meskipun jumlahnya sangat besar, itu hanya 5,33 persen dari total kekayaan Li Ka-Shing.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓