Sepasang Sepatu Nike Langka Cetak Rekor Lelang Sneakers Termahal di Dunia

Oleh Dinny Mutiah pada 24 Jul 2019, 11:03 WIB
Diperbarui 24 Jul 2019, 16:34 WIB
Sepasang Sepatu Nike Langka Cetak Rekor Lelang Sneakers Termahal di Dunia

 

Liputan6.com, Jakarta - Sepatu Nike langka yang dinamakan Moon Shoe mencetak rekor lelang dunia untuk kategori sneakers. Rumah lelang yang berbasis di New York, Sotheby's, berhasil melelang sepasang sepatu tersebut senilai 437.500 dolar AS atau lebih dari Rp6,1 miliar.

Pria yang berhasil memperoleh sepatu tersebut adalah seorang kolektor bernama Miles Nadal. Dilansir laman CNN, Nadal akan memajang sneakers tersebut di museum pribadinya di Toronto, Dare to Dream Automobile Museum.

Dikutip dari akun Instagram Sotheby's, Rabu (24/7/2019), sepatu tersebut diketahui dibuat sekitar 1972 secara manual oleh pegawai Nike ketiga, Geoff Hollister. Sementara, desainnya dirancang oleh Bill Bowerman, seorang mantan atlet sekaligus co-founder perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Yang paling menarik perhatian adalah sol menonjol yang ternyata terinspirasi dari panggangan wafel milik istri Bill. Ia membuatnya untuk uji coba pertandingan Olimpiade 1972.

Sepatu lari model itu diketahui hanya dibuat 12 pasang saja. Namun, hanya sepatu yang berhasil dilelang dengan harga fantastis itulah yang belum pernah dipakai.

 

 

2 dari 3 halaman

Pecahkan Rekor 2017

Sepatu
Sepatu Converse/copyright converse.com

Sepasang sepatu Nike langka itu awalnya dilelang dari harga 80ribu dolar AS. Pihak rumah lelang memperkirakan sepatu itu akan meraup 160ribu dolar AS saja.

Kenyataannya, sepatu tersebut berhasil melampaui target. Sepatu itu merupakan bagian dari lelang daring Stadium Goods: the Ultimate Sneaker Collection yang bekerja sama dengan Sotheby's.

Sebelumnya, rekor lelang termahal di dunia untuk sepasang sneakers dipecahkan oleh sepasang sepatu Converse yang dikenakan Michael Jordan pada final basket Olimpiade 1984. Saat itu, sepatu tersebut bisa terlelang 190.373 dolar AS atau lebih dari Rp2,6 miliar.

Sementara, Nadal bukanlah pelanggan baru rumah lelang Sotheby's. Minggu lalu, ia diketahui membeli 99 pasang sepatu sneakers langka lainnya dari Sotheby's dengan nilai 850ribu dolar AS atau nyaris Rp12 miliar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓