Sukses

Hati-Hati, 6 Jenis Makanan Berisiko Percepat Proses Penuaan

Roti putih disebut menjadi salah satu jenis makanan yang berisiko mempercepat proses penuaan.

Liputan6.com, Jakarta - Ada satu penyebab utama yang mempercepat proses penuaan kulit, yaitu faktor umur. Lalu, apa hubungannya makanan dan proses penuaan? Seiring bertambahnya usia seseorang, tanda penuaan pada kulit semakin terlihat jelas, misalnya saja kerutan di kulit wajah.

Meski begitu, tak sedikit orang yang sudah usianya sudah lanjut tapi tidak ingin terlihat tua. Bahkan, mereka ingin menunda penuaan dini untuk tujuan mereka masing-masing.

Penuaan dini bisa disebabkan karena berbagai faktor, seperti keturunan, produk kecantikan, dan terlalu sering terpapar sinar matahari. Selain ketiga faktor tersebut, masih ada satu faktor yang sering luput dan mungkin belum disadari banyak orang, yaitu faktor makanan yang kurang sehat.

Makanan adalah hal utama yang diperlukan tubuh setiap hari. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk penuaan dini. Dilansir dari NDTV, Anda sebaiknya harus tahu apa saja makanan yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Simak daftarnya berikut ini.

Makanan Penuh dengan Minyak

Makanan penuh dengan minyak seperti gorengan atau bahkan kentang goreng bisa menyebabkan munculnya penuaan dini. Penyebabnya, makanan tersebut mengandung minyak tak jenuh ganda tinggi asam lemak omega-6.

Kandungan itu bisa menyebabkan radikal bebas berbahaya dan dapat meningkatkan tingkat peradangan pada kulit. Paparan radikal bebas mempercepat proses penuaan karena adanya tautan silang yang dapat memengaruhi molekul DNA dan dapat melemahkan elastisitas kulit.

Garam dan Gula

Garam adalah bumbu andalan untuk hampir semua masakan. Banyak menu makanan yang terasa lezat karena diberi garam. Namun terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan menyebabkan kulit mengeluarkan air, sehingga menyebabkan dehidrasi.

Hal itu membuat kulit Anda jadi lebih rentan terhadap kerutan.  Begitu pula dengan gula. Selain bisa menimbulkan masalah jerawat, terlalu banyak mengonsumsi gula dapat merusak kolagen. Kalau kadar gula di dalam tubuh meningkat, proses penuaan dini akan lebih cepat terjadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Roti Putih

Roti putih di sini bisa berarti roti tawar berwarna putih. Roti termasuk karbohidrat olahan yang bisa berintegrasi dengan protein. Makanan yang memiliki indeks glikemik (kadar gula) tinggi, seperti roti putih ini, dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, yang secara langsung terkait dengan proses penuaan.

Olahan Daging

Olahan daging yang dapat berbahaya bagi kulitmu di antaranya adalah hot dog, pepperoni, bacon, dan sosis. Daging olahan ini kaya akan natrium, lemak jenuh, dan sulfit, yang semuanya dapat mengeringkan kulit dan melemahkan kolagen dengan menyebabkan peradangan.

Gandum

Gandum adalah gabungan dari protein glutenin dan gliadin, yang terbukti dapat menyebabkan permeabilitas usus atau 'usus bocor'. Usus yang bocor memicu respons imun dan merupakan penyebab signifikan peradangan kronis, terutama pada bagian kulit. Hal itu bisa memicu proses penuaan dini.

Makanan yang Dibakar/Hangus

Penuaan dini juga bisa muncul karena mengonsumsi makanan yang dibakar dan hangus, misalnya sate.

Sebaiknya, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang dibakar seperti sate, ayam/ikan bakar dan steak. Anda bisa memulai mengonsumsi makanan yang direbus agar tubuh lebih sehat dan mencegah proses penuaan dini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.