Sukses

Serupa tapi Tak Sama, Apa Perbedaan Lada, Merica dan Ketumbar?

Lada, merica dan ketumbar memang hampir sama, lalu apa perbedaan ketiganya?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang suka atau ingin belajar memasak, hal paling mendasar yang harus dikuasai untuk memasak masakan yang enak adalah mengetahui aneka bumbu dapur.

Memasak tapi tidak mengetahui bumbu dapur bisa membuat masakan memiliki rasa yang berantakan atau hambar. Ada beberapa bumbu masak yang memiliki bentuk mirip satu sama lain.

Kalau tidak jeli, tentunya hal ini akan membuat masakan kita jadi aneh rasanya. Tentu tak terbayangkan bagaimana rasanya kalau memasak gorengan, tetapi bukannya ketumbar yang dijadikan bumbu, melainkan merica?

Lalu, apa sebenarnya perbedaan ketumbar dan merica atau lada. Sekilas, kedua bumbu dapur ini punya bentuk yang nyaris sama. Meski nyaris sama, keduanya adalah bumbu dengan rasa dan fungsi berbeda.

Merica atau Lada

Merica kadang juga disebut sebagai lada. Merica berbentuk bulat dengan tekstur yang sedikit keras. Merica berwarna putih maupun hitam dan aromanya cukup menyengat. Merica atau lada memiliki rasa yang pedas.

Bumbu dapur biasanya dimanfaatkan untuk membuat masakan seperti sayur sop, tumis dan masakan lain dengan cita rasa kuat. Merica yang sudah dihaluskan atau berbentuk bubuk disebut sebagai lada.

Jadi, merica dan lada adalah dua bumbu dapur yang sama. Perbedaannya adalah merica bumbu yang masih utuh sedangkan lada adalah merica yang sudah dihaluskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketumbar

Ketumbar memiliki bentuk bulat dengan warna kuning keemasan. Dibandingkan merica, butiran ketumbar lebih kecil dan teksturnya lebih lembut atau gampang retak karena bagian tengahnya kosong.

Ketumbar biasanya digunakan untuk bumbu masakan ringan seperti tempe goreng, tahu goreng, ikan goreng, ayam goreng dan masakan goreng lainnya.

Selain itu, ketumbar juga digunakan untuk penguat rasa dalam masakan. Ketumbar memiliki aroma ringan yang khas.

Rasa ketumbar sendiri tidak sepedas merica.Itulah perbedaan merica atau lada dan ketumbar. Jadi, jangan sampai salah membedakan kedua bumbu dapur tersebut.  (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.