Sukses

4 Tips Bikin Nasi Goreng Jadi Tak Terlalu Berminyak

Pakai wajan tebal dan sederet tips lain untuk membuat nasi goreng jadi tak terlalu berminyak.

Liputan6.com, Jakarta - Nasi goreng adalah satu dari sekian banyak comford food-nya orang Indonesia. Langkah pembuatan super mudah dan rasa yang lezat membuat sajian ini hampir selalu jadi andalan sepanjang waktu.

Kendati sudah akrab, bukan berarti tak ada tips tertentu dalam membuat nasi goreng. Salah satu yang mesti Anda tahu adalah bagaimana membuat kuliner ini jadi lebih nikmat dengan tak terlalu banyak minyak. Langsung simak ulasan yang dirangkumkan Fimela.com berikut.

Pakai wajan dari besi yang tebal

Wajan dari besi yang tebal bisa membuat nasi goreng matang merata. Nasi jadi tidak akan mudah menggumpal. Minyak yang digunakan juga bisa tercampur lebih rata dan memudahkan Anda membuat takaran minyak yang pas dalam pembuatannya.

Tambahkan bahan-bahan yang teksturnya kering

Jika hendak memakai sayuran, pastikan sudah benar-benar tiris. Daging dan sosis yang digunakan juga sebaiknya tidak terlalu basah atau berminyak. Jika menggunakan telur, Anda bisa memasukkannya setelah bumbu ditumis agar serapan minyak bisa lebih sempurna.

Gunakan api besar

Nasi goreng bisa cepat matang dengan tekstur yang pas saat Anda menggunakan api cenderung besar. Tapi, bila khawatir nasi akan cepat gosong, Anda bisa memanaskan wajan terlebih dahulu baru menumis bumbu nasi goreng. 

Pakai mentega

Anda bisa mengganti minyak sayur dengan mentega untuk menumis bumbu nasi goreng. Penggunaan mentega bisa bantu mencegah nasi goreng jadi terlalu berminyak. Hanya saja, rasanya memang akan lebih gurih dan agak pekat bila menggunakan mentega. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.