Sukses

Benarkah Makan Pisang Tiap Hari Bisa Menurunkan Berat Badan?

Ada yang mengatakan, tidak baik memakan pisang terlalu sering. Ada juga yang mengklaim pisang bagus untuk dikonsumsi setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Buah pisang umumnya disukai segala usia. Dengan rasa yang manis dan mengenyangkan, tak jarang pisang dapat dimakan langsung atau diolah menjadi makanan dan minuman.

Ada banyak perdebatan tentang manfaat mengonsumsi pisang. Beberapa orang mengatakan bahwa tidak baik memakan pisang terlalu sering. Sedangkan yang lain mengklaim bahwa sangat bagus untuk mengonsumsi pisang setiap hari.

Yang jelas, banyak ahli gizi mengatakan pisang memiliki banyak manfaat seperti antioksidan, kecantikan, dan menurunkan berat badan. Tentang menurunkan berat badan, pisang memang layak dimasukan sebagai menu diet Anda.

Hal ini diungkapkan ahli gizi dari India. Ia mengatakan buah berwarna kuning ini justru bisa membantu menurunkan berat badan meski mengandung banyak kalori.

Dilansir dari NDTV, pisang mengandung karbohidrat baik dan rendah lemak yang bisa membakar kalori berlebih. Disebutkan dalam Healing Food’s oleh DK Publishing House, buah pisang mengandung glukosa yang cepat dilepaskan dan fruktosa yang lambat dilepaskan, sehingga memasok energi.

Jadi tak heran kalau pisang bisa mengisi kembali tubuh dengan energi yang hilang selama olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Pisang juga memiliki kandungan serat tinggi yang membantu pergerakan usus halus dan meningkatkan pencernaan. Sementara, serat dalam pisang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satu Pisang Sehari

Menurut ahli gizi dari India, Sunali Sharma, pisang berukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat, 3 gram serat makanan, 14 gram gula alami, dan 105 kalori. Pisang banyak mengandung nutrisi mikro yang penting.

"Pisang bisa meningkatkan level metabolisme tubuh dan membuat perut terasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, dan bisa mencegah ngemil yang tidak sehat di antara waktu makan," terangnya.

Pisang sarat dengan kalium, yang mengontrol retensi air dalam tubuh dan mengurangi kembung. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, disarankan menyantap satu buah pisang per hari. Selain itu, sebaiknya dimakan sebelum atau sesudah olahraga.

Kenapa hanya satu? Pisang kaya karbohidrat, jadi kalau terlalu sering dimakan justru efeknya sebaliknya. Yaitu bisa menyebabkan masalah pencernaan dan menambah berat badan.

Kesimpulannya, kalau ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, jangan hanya mengandalkan pisang. Anda juga harus menerapkan pola makan seimbang dan olahraga yang rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.