Sukses

6 Manfaat Sehat Apel, Bisa Menurunkan Berat Badan

Apel termasuk buah yang padar energi sehingga bisa untuk menurunkan berat badan. La;lu apa lagi manfaatnya?

Liputan6.com, Jakarta - Apel termasuk buah favorit banyak orang.. Sebagian orang mungkin memilih makan apel tanpa kulitnya. Selain rasanya lezat, Apel bisa dikonsumsi dengan berbagai cara.

Bisa dimakan secara langsung dengan kulitnya, atau dimasak dan diolah menjadi menu olahan baru, misalnya direbus atau dijadikan jus. Buah ini memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin C, kalium, serat karbohidrat dan lainnya.

Mengenai kalori, satu buah apel ukuran medium cukup kecil hanya 95 kalori.  Kalau dikonsumsi secara rutin, akan membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Buah berkulit merah, hijau, dan oranye ini bukan hanya dapat menyehatkan kulit, tapi juga mengandung manfaat kesehatan lainnya. Berikut enam manfaat kesehatan dari buah apel yang dilansir dari NDTV, salah satunya bisa untuk menurunkan berat badan.

Mencegah diabetes

Mengonsumsi buah apel kerap dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2. Alasannya, karena apel memiliki kandungan antioksidan polifenolnya.

Makan apel sekali sehari secara rutin bisa menurunkan 28 persen risiko diabetes tipe 2, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

Menurunkan berat badan

Apel kaya serat dan air yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu menurunkan berat badan kalau dikonsumsi secara rutin. Menyantap irisan apel dapat menurunkan rata-rata 200 kalori.

Selain itu apel juga termasuk salah satu buah yang mengenyangkan karena padat energi, sehingga jadi makanan favorit mereka yang sedang diet.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baik untuk jantung

Apel dapat meningkatkan kesehatan jantung. Itu karena apel memiliki kandungan serat yang tinggi bersifat larut, serat lembut dan dapat menyerap air, sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol. Apel juga mengandung polifenol, yang terkait dengan tekanan darah rendah dan risiko stroke.

Menguatkan tulang

Senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam apel dapat meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu, makan buah apel dapat membantu menjaga massa tulang seiring bertambahnya usia. Mereka yang makan apel secara rutin akan lebih sedikit kehilangan kalsium di dalam tubuh.

Mencegah kanker

Beberapa senyawa alami yang ada pada apel dapat membantu melawan sel kanker. Orang yang makan buah apel secara rutin memiliki tingkat kematian karena kanker lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak

Mencerdaskan otak

Apel yang dibuat jus dipercaya dapat membantu mencegah penurunan neurotransmiter yang terlibat dalam memori.

Senyawa antioksidan dalam apel dapat melawan terjadinya penurunan fungsi kognitif pada otak. Hal itu membuat apel sangat baik dikonsumsi untuk mencerdaskan otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.