Sukses

Pentingnya Mengenalkan Anak pada Musik Sejak Dini

Musik nyatanya jadi faktor penting untuk perkembangan kognitif dan motorik anak

Liputan6.com, Jakarta - Musik nyatanya jadi faktor penting untuk perkembangan kognitif dan motorik anak. Bunyi-bunyian ini juga merupakan medium untuk menjalin hubungan antara orangtua dan anak. Oleh karena itu, orangtua perlu memperkenalkan musik sejak bayi.

"Otak bayi itu menangkap musik sama seperti otak bayi menangkap orangtuanya berbicara karena dalam berbicara itu ada nada, ada tempo," kata Psikolog Keluarga Nadya Pramesrani dalam talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu, 10 Juli 2019.

Selain itu, musik mampu membantu anak lebih berkonsentrasi dan mampu memusatkan perhatian. Musik bisa juga jadi cara mereka mengekspresikan diri.

"Kalau lagi kesal, senang, marah, semua itu bisa terbantu saat mereka menggunakan musik, baik itu bermain musik pasif, bentuknya mendengarkan musik, atau musik yang aktif seperti bernyanyi dan memainkan alat musik," ujar Nadya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menunjang Psikomotorik Anak

Sementara itu, Marketing and Communications Manager Mothercare & ELC Abi Shihab mengatakan, pihaknya fokus pada perkembangan psikomotorik anak. Sebelumnya, mainan anak banyak yang tak edukatif seperti senapan dan tank.

"Kami menonjolkan mainan dengan bahan kualitas baik, juga memberi nilai bermain yang bagus untuk perkembangan anak," ujar Abi. Abi menjelaskan, ELC menyediakan beragam jenis mainan dari anak baru lahir hingga usia 8 tahun.

Selama Juli 2019, ELC memberi promo khusus untuk mendapatkan sepasang Superstar Guitar dan Sing Star Microphone hanya dengan harga Rp779 ribu. Dengan kedua alat tersebut, anak bisa bermain dan bereksplorasi dengan imajinasi, juga kreativitas mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.