Sukses

Mendukung Startup Lokal Lewat Ajang Penghargaan

Sembilan usaha rintisan digital (startup) terbaik telah terpilih sebagai pemenang di ajang Lintasarta Appcelerate 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan startup di Indonesia semakin pesat. Bahkan sudah ada ajang penghargaan untuk memilih yang dianggap terbaik. Sembilan usaha rintisan digital (startup) terbaik telah terpilih sebagai pemenang di ajang Lintasarta Appcelerate 2019.

Appcelerate diselenggarakan oleh Lintasarta dengan menggandeng tiga perguruan tinggi negeri yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

"Lintasarta bersama LPIK ITB, GIB UGM, dan BPPU ITS menelurkan sembilan startup dari kategori yang berbeda. Mereka semua bagus, semua terbaik. Nantinya produk-produk dari Appcelerate akan kita bantu pasarkan ke pelanggan-pelanggan Lintasarta," ucap Arya Danar selaku President Director Lintasarta Arya Damar, di Jakarta, 10 Juli 2019.

Arya menambahkan, Lintasarta juga akan terus memberikan dukungan kepada startup-startup Appcelerate mulai dari infrastruktur dan mentoring.

"Kita berharap melalui program Appcelerate, startup yang terpilih dapat memberikan kontribusi dalam kemajuan ecosystem digital dengan inovasi yang diberikan serta bersama-sama membangun Indonesia berkembang ke arah yang lebih baik," sambungnya.

Sembilan startup tersebut adalah Mechlab (EKYC), SIAB (IoT Water Treatment and Management), Nusantera (IoT Smart Energy), Lokapoin (Smart Tourism Local Experience), InvesProperti (Fintech), Mounev (Learning Management System), Sidak Debitur (Sistem Informasi dan Data Analisis Karakter Debitur), Guarddio (Building and Residence Security Apps) dan CodeDirect (Trafict Management System).

Sembilan startup di atas terpilih setelah mengikuti masa inkubasi dan akselerasi selama enam bulan. Mereka mendapat penilaian terbaik dari dewan juri mengalahkan kandidat lainnya dan juga dinilai memenuhi kategori problem solving, usefulness, memiliki nilai komersial, dan nilai bisnis.

Para dewan juri adalah jajaran direksi, general manager lintasarta, industry expert dari finance, government, serta pimpinan inkubator bisnis dari 3 perguruan tinggi.

Usai presentasi didepan para tamu undangan, dalam acara Awarding Appcelerate yang bertempat di Auditorium Kedasi, Jakarta telah diumumkan tim terbaik dari setiap universitas yaitu Lokapoin (ITB), Sidak Debitur (ITS), dan Mechlab (UGM). Ketiga startup tersebut masing-masing mendapatkan dukungan pengembangan bisnis dan kerjasama dengan Lintasarta untuk masuk ke pasar B2B.

Lintasarta Appcelerate adalah ajang pembuatan rencana bisnis dalam bentuk inovasi produk atau aplikasi digital, seperti mobile application, yang memiliki nilai bisnis dan dapat diterapkan untuk mendukung berbagai sektor industri financial, smart city, manufacture, dan e-health.

Lintasarta Appcelerate telah dimulai sejak 2016 dan rencananya akan tetap dikembangkan bekerjasama dengan universitas-universitas dan pemerintah provinsi lainnya di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.