Sukses

Trik Hilangkan Rasa Asin Berlebihan pada Ikan Asin

Dengan rasa asin yang pas, penyajian ikan asin tentu jadi lebih nikmat.

Liputan6.com, Jakarta - Pakai sambal dan nasi hangat, menyantap ikan asin sering kali jadi penyelamat ketika nafsu makan tengah menurun. Rasanya yang khas dan tak jarang bikin nagih membuat makanan ini jadi kesukaan banyak orang.

Ikan asin sendiri merupakan ikan yang telah melalui proses penggaraman kemudian dijemur hingga kering. Penggaraman yang dilakukan pada ikan asin bertujuan membuat ikan awet dan tidak cepat busuk.

Meski ikan asin lebih awet dan tahan lama, tak jarang, dalam beberapa kesemapatan, asinnya berlebihan. Fimela.com merangkumkan, ada beberapa cara mudah mengurangi rasa asin berlebihan agar ikan asin makin nikmat.

Rendam dengan air hangat

Rendam ikan asin di air hangat kira-kira selama lima sampai 10 menit, kemudian cuci bersih. Tapi, terlu diingat bahwa ikan asin yang direndam air hangat teksturnya akan cenderung lebih empuk, bahkan lembek.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rendam dengan Air Garam

Larutkan 1 sdm garam ke dalam 2 liter air. Gunakan air larutan garam ini untuk merendam ikan asin. Cara ini bisa mengurangi rasa asin pada ikan asin karena garam dari konsentrasi tinggi (ikan asin) mengalir ke konsentrasi rendah (air garam).

Rendam bersama tisu dapur

Rendam ikan asin di mangkok yang bagian dasarnya dilapisi tisu dapur. Biarkan kira-kira lima sampai 10 menit agar asin pada ikan asin berkurang dengan lebih baik.

Rendam dan cuci ikan asin

Rendam dan cuci ikan asin hingga bersih. Rendam dan mencuci ikan asin dengan air akan membantu mengurangi asin pada ikan asin. Cuci ikan asin di bawah air mengalir.  (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.