Sukses

Cara Merebus Lontong agar Lebih Empuk

Mulai dari penggunaan beras, sampai jumlah isian, ketahui cara merebus lontong agar lebih empuk.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai makanan yang lazim ditemukan di Indonesia, lontong sering kali berperan sebagai pengganti nasi di beberapa sajian. Sebut saja satai ayam, satai kambing, lontong sayur, bahkan bakso sekalipun.

Lontong sendiri akan dinilai spesial ketika teksturnya empuk, rasanya enak, dan warnanya hijau cantik di luar sedangkan putih di dalam. Mendapatkan lontong sempurna, Fimela.com merangkumkan ragam cara untuk Anda ikuti.

Penggunaan Beras

Gunakan beras yang pulen dan berkualitas baik. Beras untuk lontong enak antara lain pandan wangi, mentik spesial, dan rojolele. Sebelum dimasukkan ke wadah daun pisang, cuci bersih beras dan rendam kira-kira selama 1 jam agar lontong lebih empuk nantinya.

Tambahkan Air Kapur Sirih

Tambahkan air kapur sirih ke dalam air yang digunakan untuk merebus lontong. Perbandingannya adalah 1 dibanding 1. Untuk memasak 1 kg beras, Anda cukup menggunakan air kapur sirih sebanyak 1 sdm saja.

Pilih Daun Pisang Berkualitas

Usahakan untuk memilih daun pisang yang berkualitas, tidak mudah sobek, dan pastikan jika daun itu warnanya masih hijau segar. Jemur dulu daun pisang agar teksturnya layu dan mudah digulung untuk membungkus lontong.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merebus Lontong yang Empuk

Perhatikan Jumlah Beras yang Diisikan

Isi daun pisang dengan beras sampai setengahnya saja. Gulung daun pisang dengan rapi dan padat. Tutup kedua ujung daun pisang secara rapi dan pastikan tertutup rapat. 

Perebusan Lontong

Rebus lontong dengan posisi berdiri tegak di dalam panci. Pastikan jika semua bagian lontong terendam air agar matangnya merata. Waktu perebusan lontong antara empat hingga enam jam.

Tiriskan Lontong Hingga Dingin

Sebelum disantap, tiriskan lontong hingga benar-benar dingin. Sebaiknya, meniriskan lontong ini dilakukan di atas wadah jaring-jaring dan di tempat terbuka. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.