Kenangan Indah Sutopo Purwo Nugroho, Antara Kucing dan Raisa

Oleh Henry Hens pada 07 Jul 2019, 07:02 WIB
Sutopo Purwo Nugroho

Liputan6.com, Jakarta - Tak banyak Humas di lembaga pemerintahan yang sering jadi pusat perhatian dan bahkan jadi viral. Salah satunya adalah Humas sekaligus Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Ada banyak kenangan dan kejadian menarik seputar Sutopo yang meninggal dunia di hari ini, Minggu (7/7/2010) dinihari WIB. Yang mungkin paling diingat dan bahkan sempat menjadi viral adalah saat ia melakukan video call dengan Raisa.

Hal itu terjadi pada awal Oktober 2019.Tagar #RaisaMeetSutopo sempat menjadi viral, setelah Sutopo mengaku mengidolakan penyanyi cantik tersebut. 

Sutopo memang seringkali menyampaikan informasi terkait bencana alam dengan me-mention beberapa akun Twitter tokoh ternama, salah satunya Raisa.  Pelantun lagu Kali Kedua itu sempat menyapa Sutopo Purwo Nugroho.

Hal itu dilakukan Raisa melalui layanan video call. Ia sempat berbincang-bincang dengan Sutopo yang baru saja melakukan jumpa pers dengan pewarta terkait kondisi terkini gempa Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah.

Meski Sutopo sedang disibukkan dengan banyak agenda mengurus bencana alam, Raisa cukup senang karena sudah mengenal pribadi Sutopo yang ramah dan humoris meski hanya lewat video call.

Sutopo akhirnya bisa benar-benar bertemu istri Hamish Daud itu dalam sebuah acara di Jakarta pada Desember 2018 dan kembali menjadi viral dengan tagar 'RaisaMeetSutopo'.

2 of 3

Kucing Kesayangan

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, sedang menggendong kucing peliharaannya (Dok.Instagram/@sutopopurwo/https://www.instagram.com/p/BwrNlLxgKj7/Komarudin)

Satu kenangan lagi yang cukup diingat adalah tentang kucing kesayangannya. Dalam akun Instagram pribadinya, pria yang akrab disapa Pak Topo itu menceritakan tentang hewan peliharaannya yang bernama Mozza.

"Pulang dari kerja atau dari manapun, setiba di rumah, di pintu sudah dihadang si Mozza. Kucingmanja yang lucu," tulis Sutopo dalam keterangan video yang diunggahnya pada April 2019.

Menurut Sutopo, Mozza selalu minta digendong dan dielus-elus. Jika tidak, maka Mozza akan mengikutinya terus.

"Mozza juga tahu saat saya sakit makin deketin terus. Duduk dan tiduran di sebelah saya. Mungkin dia merasakan nyerinya kanker itu seperti apa," kata Sutopo. Kini Pak Topo telah tiada.

Pria 49 tahun itu meninggal dunia di Guangzhou, China. Kabar meninggalnya Sutopo diungkap Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB via Twitter. Meski sudah tiada, kenangan maupu jasa-jasa Sutopo Purwo Nugroho rasanya masih akan tetap melekat di hati banyak orang.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓