Cerita Akhir Pekan: 6 Seragam Sekolah Paling Nyentrik di Dunia

Oleh Asnida Riani pada 07 Jul 2019, 08:30 WIB
Diperbarui 08 Jul 2019, 11:13 WIB
Seragam sekolah

Liputan6.com, Jakarta - Seragam adalah satu di antara banyak komponen esensial tentang sekolah. Sementara seragam sekolah di Indonesia berupa bawahan berbeda warna wakil dari tiap tingkatan, berbagai sekolah di dunia punya ketetapannya sendiri.

Alhasil, tampilan para murid di berbagai sekolah sangat mungkin lain dan beberapa di antaranya bisa dikatakan nyentrik. Ada yang seolah diboyong dari cerita-cerita klasik dan membuat mereka terlihat tak seperti murid yang tengah menimba ilmu.

Beberapa di antaranya juga dinilai tak biasa karena terlalu formal dan tak seharusnya dipakai sehari-hari. Melansir dari berbagai sumber, Sabtu, 6 Juli 2019, berikut deretan seragam sekolah unik di dunia.

Norland Nanny School, Britania Raya

Seragam sekolah untuk jadi pengasuh ini membuat tak sedikit orang mengaku teringat karakter buku Mary Poppins. Mulai dari topi, sampai sarung tangan, komponen ini disebut wajib dipakai di area sekolah.

Harrow School, London, Inggris

Seragam salah satu sekolah di London, Inggris, ini dinilai unik, lantaran memadankan busana formal, yakni kemeja putih, blazer, celana panjang, bahkan dasi, dengan straw hat.

2 of 3

Deretan Seragam Sekolah Unik di Dunia

Seragam sekolah
Seragam Christ’s Hospital School, West Sussex, Inggris. (dok. Instagram @tallykoren/https://www.instagram.com/p/7yMquavjrl/)

Christ’s Hospital School, Sussex, Inggris

Saking nyentrik, seragam Christ’s Hospital School sering disebut sebagai kostum Halloween. Keunikan ini terlihat mulai dari detail kerah kemeja, sampai kaus kaki berukuran cukup panjang berwarna kuning yang dikenakan.

Beichuan High School, Yongchang, Tiongkok

Murid-murid Beichuan High School sempat menarik perhatian lewat seragam sekolah berwarna kebiruan ditambah selendang merah yang terlihat seperti kostum militer. Jaket dengan kesan menggembung yang jadi bagian seragam sekolah bahkan harus dikenakan di dalam kelas.

James Gillespie’s, Edinburgh, Skotlandia

Rok memang bukanlah komponen aneh yang dikenakan lelaki di Skotlandia. Tapi, tak pernah terpikir bahwa kultur tersebut bakal diadaptasi ke seragam sekolah. Sebuah sekolah di Edinburgh menetapkan rok sebagai seragam, tak terkecuali untuk lelaki.

Eton College, Windsor, Inggris

Jas panjang dan topi terlalu formal yang dipakai murid-murid Eton College dinilai tak biasa, apalagi mereka harus pakai busana tersebut setiap kali ke sekolah. Pada sebuah unggahan di media sosial, warganet bahkan mempertanyakan apakah belajar tetap nyaman dengan busana tersebut.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓