Studi: Tertawa Jadi Penentu Kebahagiaan Pernikahan

Oleh Asnida Riani pada 07 Jul 2019, 03:00 WIB
Ilustrasi Relationship Couple

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin berpikir kebahagiaan pernikahan tergantung dari banyak faktor. Bukan sepenuhnya salah, tapi sebenarnya klasifikasinya ada yang utama dan ada pula yang berperan sebagai faktor pendukung kebahagiaan mahligai rumah tangga.

Fimela.com merangkumkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personal Relationships menemukan, pasangan suami-istri yang tertawa bersama mampu menjaga rasa cinta tetap awet di antara mereka.

Secara otomatis, rumah tangga sangat mungkin bisa dipertahankan dalam waktu yang lama, sangat lama. Tipe pasangan ini juga dipercaya bisa meraih kebahagiaan pernikahan secara utuh.

Peneliti sekaligus psikolog sosial University of North Carolina, Laura Kurtz, mengumpulkan data dari 77 pasang orang untuk dianalisis. Masing-masing dari mereka telah menjalani hubungan cinta rata-rata 4 tahun.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa bercanda dan tertawa bersama merupakan indikator pernikahan lebih berkualitas. Bukan hanya mental, pasangan yang tahu bagaimana cara bercanda dan menertawakan banyak hal juga lebih sehat secara fisik. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

2 of 2

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by