Fungsi 6 Alat Makeup yang Wajib Diketahui Pemula

Oleh Putu Elmira pada 07 Jul 2019, 12:30 WIB
Kuas Makeup atau Brush Makeup

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang baru belajar merias wajah, mungkin bingung dengan beragam jenis alat makeup yang ada di pasaran. Tanpa memahami fungsi, peralatan yang Anda miliki akan sia-sia atau justru merusak penampilan.

Penasaran apa saja manfaat alat makeup yang esensial bagi pemula? Liputan6.com merangkum enam jenis di antaranya seperti dilansir dari South China Morning Post, Kamis, 4 Juli 2019.

1. Spons makeup

Spons dikenal sebagai alat ajaib untuk mengaplikasikan foundation. Biasanya alat ini dipergunakan untuk mengaplikasikan produk cair atau krim ke wajah Anda secara efektif.

Penggunaan spons cukup mudah yaitu membasahinya dengan air, kemudiah memerasnya, dan baru aplikasikan produk makeup ke wajah Anda. Penggunaan air pada spons berfungsi agar produk makeup yang menempel pada wajah tidak berlebihan sehingga wajah kamu terlihat lebih natural.

Pada bagian spons yang berbentuk bundar dapat kamu gunakan untuk menekan dan membaurkan produk makeup ke wajah Anda. Sedangkan, bagian yang berbentuk runcing dapat Anda gunakan untuk memadukan concealer di bawah mata Anda atau di area lain. Spons juga bisa dijadikan alat makeup untuk menempelkan bedak cair atau padat ke wajah Anda untuk mengatur foundation atau concealer Anda.

2. Small eye shadow brush 

Kuas eye shadow merupakan kuas kecil yang sengaja dirancang untuk mengaplikasikan warna pada kelopak mata. Kuas ini memiliki helaian bulu memiliki bentuk pipih dengan ujung yang tebal (cenderung cembung). 

Pada mata yang lebih kecil, Anda dapat menggunakan sisi kuas yang lebar untuk menekan warna eye shadow ke kelopak mata. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sudut kuas untuk membubuhkan warna yang lebih gelap di sudut luar mata Anda agar mempertegas karakter makeup.

2 of 4

3. Tapered crease brush (Kuas Runcing)

Alat Aplikasi Makeup
Bingung bagaimana membersihkan kuas dan sponge makeup yang sudah kotor? Intip cara jitu berikut ini.

Kuas ini didesain dengan ujungnya yang meruncing dan tajam. Kuas jenis ini memiliki bulu lebih panjang daripada kuas eye shadow biasanya. Berfungsi untuk mengaplikasikan, kontur, highlight dan membaur eye shadow pada lipatan mata.

Kuas ini sengaja dibuat dengan bulu lembut, halus, padat, tidak mudah patah dan rontok. Itu bisa membantu Anda untuk mengaplikasikan make up dengan mudah dan menciptakan lipatan mata yang indah.

4. Blending Brush

Merupakan kuas dengan versi yang sedikit lebih besar dari kuas sebelumnya, dengan ujungnya yang bulat dan lembut. Kuas jenis ini cocok untuk memadukan warna eyeshadow untuk membentuk gradasi agar tampak lebih natural.

Jika Anda selesai menggunakan makeup, kuas ini juga dapat membersihkan warna eye shadow di seluruh kelopak mata Anda. Kuas ini juga sering digunakan saat merias pengantin untuk membuat garis tegas pada kelopak mata.

3 of 4

5. Big powder brush

Mencuci Kuas Makeup dengan Cara Praktis dan Nggak Ribet
Kuas makeup yang sudah dicuci akan terlihat lebih bersih dan nyaman digunakan. (Unsplash.com/Morgan McDonald).

Kuas yang biasa digunakan untuk mengaplikasikan bedak tabur ini memiliki bulu yang halus, panjang, dan juga tebal. Kuas ini berfungsi untuk membaurkan bubuk bedak sehingga terlihat merata saat diaplikasikan pada wajah. Adanya kuas jenis ini dapat mengurangi risiko bedak terlalu tebal di wajah Anda sehingga dapat tampil natural.

6. Duo fibre brush 

Kuas dengan panjang hampir silindris ini berwarna hitam pada dasarnya dengan ujung putih di bagian atas. Dirancang untuk melapisi produk ringan, kuas ini cocok untuk membangun pigmen dan tekstur secara bertahap di wajah. Untuk pemula, kuas ini dapat digunakan saat memakai blush on karena bulunya yang halus.

Kuas ini juga cocok untuk bahan kosmetik cair atau foundation berbentuk krim. Kepala yang rata dan berbulu memudahkan Anda untuk menebalkan foundation secara bertahap hingga mendapatkan hasil sempurna dan natural.(Devita Nur Azizah)

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓