Sukses

Danau Bunga Eceng Gondong Jadi Tempat Wisata Dadakan di Cirebon

Panorama di sekitar bunga eceng gondok tumbuh membuat Cirebon disebut bernuansa serupa taman bunga di Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Kian populernya traveling membawa dampak di berbagai aspek, tak terkecuali kemunculan tempat wisata secara dadakan. Salah satu yang belakangan jadi buah bibir adalah bunga eceng gondok di Cirebon.

Lahan dipenuhi eceng gondok di Blok Wadas, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, ini semula tak sebegitu menarik hati sampai bunga tumbuhan air ini muncul menambah warna.

Bunga berwarna ungu lembayung ini mengubah paras kolam dipenuhi hijau eceng gondok. Tambahan warna yang membuatnya jadi cantik di lensa kamera. Tak heran banyak orang akhirnya penasaran dan datang langsung.

Sejak beberapa waktu lalu, pemandangan bunga eceng gondok ini wara-wiri di media sosial. Lewat sederet komentar, warganet memuji kecantikan pemandangan di tempat tersebut yang bernuansa bak taman bunga di Jepang.

Beberapa di antaranya juga bertanya posisi persis bunga eceng gondok. Pada sederet unggahan, terlihat warganet sengaja datang berfoto dengan taman bunga dadakan tersebut sebagai latar belakang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eceng Gondok dan Potensi Ekowisata

Menurut peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Gadis Sri Haryati, eceng gondok sebenarnya punya potensi ekowisata. "Eceng gondok itu tumbuhan air yang punya keindahan karena bunganya," kata Gadis seperti dilansir dari Antara, Kamis (4/7/2019).

Tapi, eceng gondok sebenarnya jarang sekali bisa berbunga dalam jumlah banyak seperti di Cirebon. Berdasarkan literatur, eceng gondok bisa berbunga sepanjang tahun di wilayah tropis seperti Indonesia.

Walau sering dianggap sebagai tumbuhan pengganggu, eceng gondok sebenarnya punya beberapa manfaat, yakni diolah jadi pupuk kompos, bahan baku kerajian, juga destinasi wisata jika dikelola dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.