Sukses

Kilas Balik Seragam Pramugari Garuda Indonesia, dari Gaya Retro hingga Kebaya Kartini

Seragam pertama pramugari Garuda Indonesia mengingatkan pada seragam pramuka.

Liputan6.com, Jakarta - Lahir 70 tahun lalu, nama Garuda Indonesia terus bertahan seiring perkembangan zaman. Kuncinya pada kemampuan beradaptasi dengan tuntutan masa yang berbeda. Tak terkecuali dengan perubahan tampilan seragam para pramugarinya. 

Tak hanya memperindah penampilan, seragam yang dikenakan pramugari mewakili nilai yang dianut maupun citra yang ingin ditonjolkan perusahaan. Peran para pramugari yang berinteraksi langsung dengan penumpang menjadikannya sangat strategis.

Namun, tahukah Anda perkembangan seragam pramugari Garuda Indonesia dari masa ke masa? Liputan6.com merangkum sederet seragam yang pernah mewakili citra perusahaan pelat merah tersebut seperti dilansir dari akun Facebook Garuda Indonesia, Rabu, 3 Juli 2019.

1. Seragam Pramugari pada 1949

Pada penerbangan pertamanya, seragam pramugari Garuda Indonesia sudah menunjukkan sisi feminin. Hal ini terlihat dari rok sepan berwarna coklat muda lengkap dengan rempel satu di depannya. Sebagai atasannya, pramugari mengenakan kemeja putih polos yang dilengkapi dengan topi berwarna senada dengan rok. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Seragam Pramugari 1959

Setelah sepuluh tahun berlalu, perubahan yang terjadi pada seragam pramugari Garuda Indonesia tidak terlalu signifikan. Baju berwarna biru lengkap dengan rok span tanpa rempel memberikan kesan manis pada seragam ini. Terdapat tambahan pita di pinggir kanan dan kiri lengkap dengan topi berwarna biru yang mengingatkan pada seragam TNI AU. 

3 dari 7 halaman

3. Seragam Pramugari 1970an

Pada 1970an, seragam pramugari Garuda Indonesia mengadopsi konsep retro yang mengikuti tren saat itu. Terlihat lebih ceria dan sporty lewat kaus berwarna kuning dengan lis di pinggir berwarna oranye. Sementara, bawahannya mengenakan rok dengan potongan di atas lutut dan topi yang dilengkapi pita berwarna kuning. 

4 dari 7 halaman

4. Seragam Pramugari 1980

Seragam pramugari di era ini memperlihatkan konsep khas Indonesia karena mengusung tema kebaya. Baju kebaya berwarna merah muda lengan panjang memberikan kesan tersendiri. Sebagai bawahan, kebaya tersebut dipadukan dengan kain batik yang dibuat rok panjang. Tampilan pramugari makin Indonesia dengan sanggul sebagai tata rambutnya.

5 dari 7 halaman

5. Seragam Pramugari 1990

Pada tahun ini, seragam pramugari terkesan lebih modern dan formal karena setelan panjang atas bawah. Baju berwarna biru model kebaya tampil mempesona dan feminin dengan rok bermotif tenun. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang pramugarinya bertopi, para awak kabin yang bertugas kini dilengkapi dengan selendang bercorak senada dengan rok yang memberikan kesan anggun.

6 dari 7 halaman

6. Seragam Pramugari 2000

Memperlihatkan konsep simpel namun tetap elegan ditampilkan pada tahun 2000an ini. Baju dengan corak batik berwarna hijau tosca senada dengan corak pada rok yang dikenakan. Penampilan pramugari pada tahun ini lebih pas badan dan terlihat kekinian.

7 dari 7 halaman

7. Seragam Pramugari 2010 dan 2013

Pada 2010 dan 2013, seragam pramugari memiliki persamaan. Baju yang dikenakan mirip seperti baju kebaya pada umumnya namun desainnya lebih simpel dan tanpa corak. Terlihat seperti kebaya karena rok yang dikenakan menggunakan kain batik lengkap dengan lipatan satu di depannya. Pada 2010, terdapat tiga warna yang ditampilkan, yaitu biru, hijau dan oranye. Sedangkan, pada 2013 memiliki varian ungu dan biru. (Devita Nur Azizah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.