Sukses

Cara Unik Sederet Masjid di Singapura Ajak Orang-Orang Berhenti Merokok

Kampanye mendorong orang berhenti merokok ini akan berlangsung sampai Oktober 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Lewat kampanye bertajuk "Puff For A Puff", masjid-masjid di Singapura menggagas ide unik dalam mengajak publik berhenti merokok. Melansir dari The Straits Times, Selasa (2/7/2019), setidaknya ada 22 masjid yang terlibat.

Gerakan ini berupa penukaran rokok dengan makanan ringan semacam pastel. Sajian ini dipilih lantaran harga satu buahnya sama dengan satu batang rokok. 

Di Negeri Singa, satu bungkus berisi 20 batang rokok rata-rata dibanderol 14 dolar Singapura atau Rp146 ribu, sehingga per batang kurang lebihnya dijual 0,70 dolar Singapura atau setara Rp7 ribu.

Pesannya, dengan mengeluarkan uang bernominal sama, orang bisa membeli makanan sehat dan cukup mengenyangkan. Pastel yang dibagikan dikemas lebih sehat dengan memakai minyak berkonsenterasi lemak rendah dan menggunakan tepung gandum utuh.

Sekretaris Senior Singapore Health and Home Affairs Amrin Amin sendiri terlibat dalam kampanye ini dan mengatakan akan singgah di masjid-masjid tersebut selama kampanye berlangsung sampai Oktober 2019.

"Kami mulai kampanye biasanya di waktu Salat Jumat mengingat kebanyakan perokok adalah lelaki. Kami juga akan mengerjakan proyek lain untuk menjangkau perokok yang tak teraih di golongan ini," katanya soal upaya pengurangan konsumsi rokok.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perencanaan Kabin Merokok

Isu rokok sepertinya tengah serius ditangani di Singapura. Beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari Mothership, sebuah kabin merokok siap diinstal, di mana pengerjaannya disebut telah mencapai 80 persen.

Ruang kecil yang rencananya bakal ditempatkan di sejumlah lokasi trategis ini sementara memfasilitasi para perokok agar tak merokok di ruang publik. Kabin ini dideskripsikan bisa menyaring asap rokok dengan tiga filter dan dikeluarkan sebagai udara bersih.

Udara di dalam kabin produksi Denmark ini disebutkan akan berada di angka 26-27 derajat celcius. Jadi, sementara kampanye anti-rokok terus berjalan, pengadaan fasilitas untuk bersosialiasi dengan lebih bertanggung jawab diusung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.