Mengintip Koleksi Kacamata Hitam yang Tak Berlensa Gelap

Oleh Dinny Mutiah pada 01 Jul 2019, 17:03 WIB
Mengintip Koleksi Kacamata Hitam yang Tak Berlensa Gelap

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara melindungi diri dari paparan matahari saat musim kemarau ini. Salah satunya memakai kacamata hitam.

Namun, ada yang unik dari koleksi Summer Bridges Eyewear tahun ini. Lensanya tak gelap seperti namanya, tetapi lebih transparan dan berwarna, seperti oranye, biru, dan merah. Total ada 20 model kacamata hitam dalam koleksi ini.

Founder dan Managing Director Bridges Eyewear, James Hadisurjo mengatakan koleksi kacamata hitam musim ini menggunakan lensa CR-39 dan polarized yang bisa menangkal radiasi sinar UV. Maka itu, meski terkesan lebih transparan, kacamata ini cocok digunakan di luar ruangan.

"Dibandingkan dengan koleksi sebelumnya, koleksi summer ini desain dan bentuknya lebih modern, seperti cay eye dan flat top," kata James dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (1/7/2019).

Koleksi kacamata hitam tersebut menarik perhatian Monica Karina. Teman duet Dipha Barus itu menyebutkan warna yang transparan membuatnya tidak begitu terlihat menggunakan kacamata hitam.

"Aku suka dengan model Oran karena warnanya lucu dan tidak begitu menutupi mata, sehingga kalau dipakai, orang-orang masih bisa melihat mataku, hahaha," ucapnya dalam jumpa pers.

2 of 3

Cara Memilih Kacamata Hitam

Mengintip Koleksi Kacamata Hitam yang Tak Berlensa Gelap
Agatha Priscilla mengenakan koleksi Summer Bridges Eyewear. (dok. Bridges Eyewear/Dinny Mutiah)

Tak hanya gaya yang jadi pertimbangan, banyak unsur lain yang harus diperhatikan kala membeli kacamata hitam. Dilansir dari laman hellosehat.com, kacamata hitam haruslah memiliki proteksi dari sinar UV 100 persen. Pastikan ada label UV 400nm atau 100% UV protection tertera pada kacamata hitam yang akan dipilih.

Bahan lensa juga harus jadi perhitungan. Secara umum, ada tiga jenis lensa yang biasa digunakan untuk kacamata hitam, yakni polikarbonat, CR-39, dan kaca, dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Khusus untuk CR-39, itu terbuat dari polimer plastik, memiliki lapisan anti-gores, dan tahan terhadap bahan kimia.

Soal warna lensa, lensa hitam tak selalu menghalangi sinar UV. Bila tanpa protekssi, kacamata hitam yang dipakai justru akan membahayakan mata Anda karena lensa gelap memaksa pupil terbuka lebih besar sehingga cahaya yang masuk ke mata lebih banyak.

Lensa kacamata hitam semestinya juga terpolarisasi. Itu berfungsi untuk mengurangi silau di pantai, permukaan air, jalanan beraspal, dan permukaan datar lain yang memantulkan cahaya. Sedangkan, lensa photo-chromatic akan mengubah cahaya terang menjadi lebih redup saat terpapar sinar UV. Namun, lensa-lensa ini tetap tidak bisa menggantikan fungsi dari UV protection.

Berikutnya, jangan abaikan soal komposisi bingkai kacamata. Bahan bingkai akan memengaruhi berat kacamata saat dikenakan. Selain itu, kecocokan ukuran juga harus diperhatikan karena bila tidak pas, justru sinar UV, pasir, dan debu gampang masuk ke mata.

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓