Sukses

6 Teknik Sederhana Bikin Ruang Sempit Terlihat Lapang

Dengan teknik yang tepat, ruang sempit yang Anda punya bisa terkesan lebih lapang tanpa biaya berlebih.

Liputan6.com, Jakarta - Pengaturan furnitur hingga dekorasi di hunian dengan lahan terbatas bisa dikatakan susah-susah gampang. Di satu sisi, Anda ingin membuat ruang sempit bisa terlihat luas dan tetap nyaman ditinggali, tetapi Anda memiliki banyak barang yang makin mempersempit ruang.

Anda tak perlu khawatir karena kondisi seperti ini bisa disiasati dengan cara yang mudah. Berikut enam teknik simpel menjadikan hunian sempit terlihat lebih luas ala Dekoruma.

Gunakan Warna Terang dan Netral pada Dinding

Sudah jamak diketahui bahwa warna-warna netral seperti putih dan krem kerap dipilih untuk menciptakan kesan luas. Hal ini terlihat pada banyaknya hunian yang menggunakan warna ini.

Meski begitu, warna ini terkesan membosankan untuk beberapa orang. Anda bisa menggantinya dengan warna terang seperti kuning, biru pastel, dan abu muda, untuk membuat kesan sempit jadi lapang. Jangan coba-coba menggunakan warna-warna gelap karena membuat area ruangan makin sempit.

Pilih Furnitur Multifungsi

Sekarang ini, Anda bisa dengan mudah menemukan aneka model furnitur, baik dari fungsi hingga elemen dekoratifnya. Namun, Anda perlu cermat dalam memilihnya, khususnya jika furnitur ditaruh di hunian sempit.

Gunakan furnitur multifungsi seperti tempat tidur yang punya laci penyimpanan di bagian kolong dan lemari dengan banyak tempat penyimpanan. Selain itu, penggunaan kursi dan meja lipat juga efektif menghemat ruang apabila sedang tidak digunakan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Minimalisir Penggunaan Sekat

Sekat memang berfungsi untuk memisahkan satu ruang dengan yang lain sehingga fungsi masing-masing ruang terlihat jelas. Namun, Anda harus menyediakan area tambahan sebagai tempat sekat berdiri. Cara ini kurang tepat diaplikasikan di ruang sempit.

Anda bisa mengatasinya dengan penggunaan warna lantai hingga karpet bermotif sederhana. Dengan begitu, ruangan terlihat lebih lapang dan terlihat fungsinya dalam waktu yang bersamaan. Anda juga bisa lebih mudah menentukan konsep desain satu ruangan dengan yang lain sehingga terlihat sebagai satu kesatuan.

3 dari 5 halaman

Satu Ruangan untuk Dua Fungsi

Rumah yang sempit juga pasti meliputi ruangan yang terbatas juga. Siasati dengan menggunakan satu ruangan untuk dua fungsi. Misalnya, Anda bisa menggabungkan dapur dengan meja makan. Meja makan bisa digunakan untuk menyiapkan bahan masak dan sebagai alas makan bersama keluarga.

4 dari 5 halaman

Gunakan Jendela Besar

Ruang yang gelap akan berbeda dengan yang terang karena ruang terang terlihat lebih enak dipandang dan luas. Maka itu, pencahayaan alami matahari punya peran penting dalam menciptakan ruangan yang cerah.

Pastikan rumah Anda memiliki satu hingga dua jendela yang besar. Penggunaan beberapa jendela kecil justru bisa memperkuat kesan sempit.

5 dari 5 halaman

Pasang Cermin di Dinding Ruangan

Tak hanya penempatan dan penggunaan furnitur yang tepat, dekorasi pun bisa digunakan untuk memberikan kesan hunian yang luas. Sangat mudah, pasang cermin berukuran agak besar dekat jendela supaya cermin bisa memantulkan cahaya matahari yang masuk ke rumah. Pantulan cahaya yang dihasilkan cermin membuat ilusi visual yang membuat ruangan jadi lebih lapang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini