6 Cara Mudah Bikin Sepatu Jauh dari Bau Kaki

Oleh Putu Elmira pada 03 Jul 2019, 05:04 WIB
Sepatu Olahraga Sepatu Lari

Liputan6.com, Jakarta - Bau tak sedap pada sepatu seringkali membuat orang tak nyaman. Bahkan, ada bau yang tidak hilang sepenuhnya meski sudah dicuci.

Ternyata, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjauhkan bau tak sedap pada sepatu. Liputan6.com merangkum enam di antaranya untuk Anda, dilansir dari berbagai sumber, Senin, 1 Juli 2019.

1. Taruh Sepatu di Tempat yang Sejuk dan Kering

Jangan taruh sepatu di tempat yang lembab atau mudah terkena air. Kondisi itu dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur. Sebaiknya, Anda menyimpan sepatu di ruangan sejuk dan kering yang dengan aliran udara baik agar sepatu tidak bau setelah seharian dipakai.

2. Taruh Koran di Dalam Sepatu

Koran ternyata dapat menjadi media menghilangkan bau pada sepatu karena dapat menyerap keringat di dalam sepatu yang telah dipakai selama seharian beraktivitas. Caranya, cukup ambil koran bekas secukupnya lalu bungkus sepatu hingga ke mulut/lubang sepatu dengan rapat dan rapi. Kemudian, simpan sepatu yang sudah dibungkus tadi di tempat yang sejuk atau dingin selama semalam atau lebih sampai bau pada sepatu terserap.

3. Gunakan Baking Soda

Selain digunakan untuk bahan campuran dalam pembuatan kue, baking soda juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Baking soda dapat menyerap bakteri yang ada.

Caranya cukup mudah, Anda dapat menaburkan baking soda ke dalam sepatu Anda lalu diamkan semalaman. Lalu keesokan hariya bersihkan baking soda dengan cara menggunakan sikat.

 

2 of 3

4.Mengenakan Kaos Kaki

Cozy sneakers
Rekomendasi sepatu pilihan dari Bata

Kaos kaki menjadi hal utama saat anda tidak ingin sepatu anda menjadi bau. Memakai kaos kaki dapat menjaga kaki anda tetap kering sehingga bakteri yang menyebabkan bau pada sepatu hilang.

Anda dapat mengenakan bahan kaus kaki yang lembut dan bukan kapas yang membuat kaki dan sepatu Anda lebih kering. Serat-serat ini menjauhkan keringat dari kaki sehingga bisa menguap. Sementara, kapas menahan lebih banyak keringat yang banyak disukai bakteri.

5. Memakai Bedak dan Deodoran Kaki

Bedak kaki berfungsi untuk menyerap kelembaban dan aroma yang dimiliki bedak dapat menutupi bau yang ada di sepatu. Anda dapat menaburi bubuk bedak kaki di sepatu sebelum dan sesudah memakainya untuk menjaga sepatu tetap kering dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan deodoran di kaki Anda untuk menghilangkan bau di sepatu. Deodoran tidak akan membuatnya kering, tetapi akan menghambat bakteri dan jamur penghasil bau.

6. Menghilangkan Bau Sepatu dengan Kopi

Selain untuk diminum, kopi juga ternyata bisa membuat sepatu Anda tidak bau. Kopi berperan sebagai penetral bau dan bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Pertama, pastikan bahwa sepatu anda dalam keadaan bersih dan kering sebelum anda memasukkan kopi di dalamnya.

Setelah itu, Anda masukkan bubuk kopi kedalam sepatu yang telah dibungkus menggunakan tisu. Kemudian, diamkan sepatu semalaman agar bubuk kopi bisa secara maksimal menetralisir bau tak sedap pada sepatu Anda.(Devita Nur Azizah)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by