Sukses

Selama 2 Bulan Happy Meal Book Box Sumbangkan 21 Ribu Buku

McDonald's Indonesia menyerahkan donasi buku kepada Komunitas Buku Berkaki untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan

Liputan6.com, Jakarta - Program Happy Meal Book Box yang diselenggarakan McDonald's Indonesia berhasil mengumpulkan 21 ribu buku yang didonasikan kepada anak-anak di Indonesia.

Program pengumpulan buku tersebut berlangsung sejak 20 Apri-14 Juni 2019. Untuk penyaluran buku tersebut, McDonald's bekerja sama dengan Komunitas Buku Berkaki.

"Buku-buku tersebut lebih banyak buku cerita untuk anak dan remaja," ujar Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia Sutji Lantyka saat ditemui di McDonald's Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat, 28 Juni 2019.

Sutji menambahkan, program Happy Meal Book Box merupakan program global. Program tersebut dikenal sebagai memberikan alternatif konsumen, antara memilih mainan atau buku untuk anak-anak.

"Sejak April (2019), nggak hanya mainan saja, tapi juga memberikan alternatif, mereka boleh memilih buku atau mainan. Itu yang kami sebut dengan happy meal reader. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca," kata Sutji.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pionir Donasi Buku

Sementara itu, co-founder Komunitas Buku Berkaki Meyer Makawekes senang dipercaya pihak McDonald's untuk menyalurkan buku-buku itu ke berbagai pelosok di Indnesia.

“Dari 210 ribu lebih buku yang kami terima dari McD hampir 80-85 persen buku telah didistribusikan ke daerah-daerah yang ada di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Indonesia Timur. Sisanya dalam proses pengiriman," kata Meyer yang menyebut McDonald's sebagai pionir donasi buku.

Ia berharap, langkah yang dilakukan McDonald's bisa menjadi inspirasi bagi perusahaan lain. Bagi Meyer, hal itu agar ketersediaan buku berkualitas bagi anak dan remaja bisa di Indonesia terwujud.

Selain donasi dari masyarakat, McDonald's juga secara pribadi menyumbangkan lebih dari 200 ribu buku anak-anak untuk program Happy Meal Book Box ini. McDonald's telah bermitra dengan penulis buku cerita anak, Cressida Cowell, yang telah meluncurkan seri buku berjudul Treetop Twins Adventures (Petualangan si Kembar Treetop).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.